Browse By

Bersiap Sambut Kedatangan Jokowi

Kapolres Probolinggo Fadly Samad mengecek kesiapan lokasi Desa Brani Wetan Maron yang bakal dikunjungi oleh Presiden RI.

Diagendakan Besok ke Maron untuk Tinjau Hutan Rakyat

MARON – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dijadwalkan bakal berkunjung ke Kabupaten Probolinggo besok (1/11). Orang nomor satu di Indonesia itu bakal melakukan kunjungan kerja untuk penyerahan hutan rakyat di Desa Brani Wetan, Kecamatan Maron dengan sistem pinjam pakai.

Kepastian itu disampaikan Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari. Saat dikonfirmasi, Bupati mengatakan sudah ada kepastian soal rencana kedatangan Presiden RI. Bahkan, kemarin dirinya diundang untuk mengikuti rapat di Jakarta hari ini (31/10). Rapat itu untuk membahas soal kesiapan rencana kunjungan Presiden RI tersebut.

“Iya bapak Presiden RI jadi ke Desa Brani Wetan, Kecamatan Maron, besok (1/11). Insyaallah pasti hadir, besok (hari ini) saya diundang rapat ke Jakarta terkait kesiapannya,” kata Tantri kepada Jawa Pos Radar Bromo kemarin.

Loading...

Orang nomor satu di Kabupaten Probolinggo itu mengungkapkan, persiapan untuk menyambut kunjungan Presiden RI sudah dilakukan sejak Agustus lalu. Saat ini, semua dirasa sudah hampir siap secara keseluruhan. “Kunjungannya terkait penyerahan Hutan Rakyat. Jadi, sistem pinjam pakai hutan pada rakyat per orang 2 hektare. Untuk total luasnya, masih bergerak terus,” terangnya.

Kunjungan Jokowi ke Probolinggo itu juga bakal dimanfaatkan oleh pemkab setempat untuk menyampaikan sejumlah usulan program prioritas. Salah satunya, terkait infrastruktur di daerah, terutama penopang Destinasi wisata ke Bromo.

Sebab, saat Presiden sebelumnya Susilo Bambang Yudhoyono, berkunjung ke kawasan Bromo, rencana perbaikan infrastruktur sudah diagendakan. Namun, sejauh ini tak kunjtung terealisasi. “Pertama saya harus minta di perhatikan soal infrastruktur,  terutama infrastruktur wisata Bromo,” ujarnya.

Selain itu dikatakan Bupati, hal penting lain yang harus disampaikan langsung pada Presiden RI terkait jalan tol Pasuruan Probolinggo (Paspro). Pihaknya berharap, proyek tol Paspro itu juga bisa ikut memberikan denyut ekonomi masyarakat setempat.

Salah satunya, dengan usulan rest area tol setempat yang akan dikelola pemkab setempat. “Kami sudah berusaha menumbuh kembangkan IKM-UKM yang memang dilakoni oleh masyarakat menengah ke bawah. Nah, sekarang kendala yang perlu dilakukan, soal pemasaran. Dengan rest areal tol itu dikelola (pemda) sendiri, maka ada kesempatan besar untuk pemasaran UKM-IKM di Kabupaten Probolinggo,” paparnya.

Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad saat dikonfirmasi mengaku belum dapat memastikan rencana kunjungan Presiden RI tersebut. Karena dikhawatirkan, terbentur dengan kegiatan Presiden RI lainnya. Namun, pihaknya tetap harus mrnyiapkan dan memastikan kesiapannya, dari segi keamanannya.

“Kami masih akan rapatkan untuk pengamanannya. Karena kami belum dapat info pasti jalur yang akan dilalui,” terangnya. (radar)