Browse By

Terekam CCTV, Pencuri Printer SMA Tunas Luhur Paiton Ditangkap

Novan Suganda Pencuri Printer SMA Tunas Luhur Paiton

PAITON – Aksi Novan Suganda bin Salehuddin Jazuli, 24, mencuri dua printer di sebuah SMA swasta di Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, terungkap cepat. Polisi berhasil menangkap pelaku, karena pencurian itu terekam CCTV sekolah.

Pencurian dilakukan pelaku, Sablu (7/10), pukul 23.00. Lima hari kemudian, yaitu Kamis (12/10), Pelaku ditangkap. Berdasarkan rekaman CCTV, warga Sumberanyar itu beraksi sendirian. Kapolsek Paiton AKP Riduwan menjelaskan, pelaku berniat mencuri untuk mendapat uang. Pelaku pun mengacak-acak ruang guru untuk mencari uang di sana .

Karena tidak dapat, akhirnya pelaku membawa kabur dua unit printer di ruang guru. Keduanya merk Canon type 2270, warna hitam. “Kami menangkap pelaku pencurian atas nama Novian Suganda di sebuah SMA swasta di Paiton. Dia ini ingin dapat uang, jadi masuk ke ruang guru. Karena tidak menemukan uang, pelaku mencuri dua printer di ruang itu,” terangnya.

Pelaku tidak sadar, ada CCTV di ruang guru. Polsek Paiton pun mempelajari rekaman CCTV dan berhasil mengindentifikasi pelaku. Dalam waktu lima hari setelah pencurian, pelaku ditangkap. Pelaku diamankan saat main game di jalur pantura di Kecamatan Paiton.

Loading...

Atas aksinya, dia diancam hukuman 7 tahun penjara sesuai pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. “Tersangka ini residivis. Dia pernah mencuri laptop dan HP milik tetangganya pada 2013. Jadi, saat melihat rekaman CCTV, anggota ada yang langsung mengenali pelaku,” lanjutnya.

Terpisah, pelaku mengakui telah mencuri dua printer tersebut. Menurutnya, saat itu dirinya kelaparan. Sebab, saat malam pencurian, dirinya sudah seminggu kabur dari rumah, karena bertengkar dengan orang tuanya.

D engan naik sepeda ontel, pelaku masuk ke sekolah tersebut. Dia memanjat pagar sekolah dan masuk ke kantin. “Saya lapar, jadi ke kantin. Di kantin saya ambil kacang,” tuturnya. Dari kantin, pelaku masuk ke ruang guru dengan cara mencongkel jendela memakai obeng. Di sini, pelaku lantas mencuri dua printer.

Namun, pelaku kesulitan membawa printer dengan sepeda ontelnya. Selain itu, banyak warga di depan sekolah, malam itu. Akhirnya pelaku menyembunyikan dua printer itu di sekitar sekolah. Rencananya, pelaku akan mengambil printer di saat yang tepat untuk menjualnya. (radar)