Browse By

Warga Tangkap Pelaku Curwan

Tersangka Namo yang kini sudah ditahan di Polsek Nguling, usai mencuri sapi di Desa Randuati, Kecamatan Nguling, Selasa (10/10) malam.

NGULING – Aksi pencurian hewan (curwan) kembali meresahkan masyarakat Pasuruan. Selasa (10/10) lalu, aksi cunwan terjadi di Desa Randuati, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan. Beruntung, aksi tersebut dipergoki warga. Pelaku yang berjumlah tiga orang sempat dikepung. Meski akhirnya, hanya seorang pelaku yang berhasil ditangkap.

Informasi yang dihimpun koran ini, ketiga pelaku itu datang ke Dusun Batuan, desa setempat sekira pukul 03.00 dini hari. Dengan menumpangi mobil pikap, mereka membagi tugas menyisir sejumlah kandang hewan ternak milik warga.

Selang satu jam, masing-masing pelaku berusaha menggondol tiga ekor sapi jenis limusin. Saat ketiga pelaku itu menuntun sapi, ada salah seorang warga yang memergokinya. Yakni Hakim, 35. “Sekira pukul 04.00 Subuh. Hakim hendak pulang selepas mengairi sawahnya. Di tengah perjalanan, ia melihat ada orang tak dikenal menuntun seekor sapi. la juga sempat diancam akan dilempar bondet oleh pelaku apabila berteriak,” ujar Kanit Reskrim Polsek Nguling, Apida Adji Anggoro.

Hakim yang agak keder dengan ancaman pelaku, melanjutkan perjalanan pulang. Beberapa saat kemudian, ia kembali mendapati orang asing yang juga menuntun seekor sapi. Karena itu, ia berencana melaporkan hal ini pada kepala desa setempat. Namun, dalam perjalanan itu, ia lag-lagi bertemu dengan orang asing yang juga menuntun sapi.

Loading...

“Saat dia melihat sapi terakhir yang dituntun oleh pelaku ketiga. ia terkejut. Karena sapi tersebut merupakan ternaknya,” tambah Aipda Adji. Saat itu juga, Hakim langsung meneriaki pelaku. Teriakan korban membuat warga setempat geger.

Warga kemudian segera berkumpul. Sebagian di antaranya membunyikan kentongan. Sejurus kemudian, warga mengepung ketiga pelaku. “Warga yang datang sudah mengepung. Ketiga pelaku akhirnya melepaskan sapi-sapi itu dan berusaha kabur,” jelas Aipda Adji. Pengepungan ketiga pelaku berlangsung dramatis.

Dua pelaku akhirnya berhasil kabur dengan menumpangi mobil pikap yang dibawanya. Sedangkan seorang pelaku, yakni Namo, 45, warga Desa Kedungsupit, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo berhasil ditangkap warga.

“Pelaku dan barang bukti lantas kami amankan ke Mapolsek Nguling untuk penyidikan lebih lanjut,” katanya. Barang bukti yang diamankan diantaranya, tiga ekor sapi jenis limusin, sebuah jaket milik pelaku, serta sebuah sajam milik salah satu pelaku yang kabur.

“Pelaku sudah kami tahan. Pasal yang disangkakan yaitu Pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan. Sedangkan dua orang pelaku yang kabur, tengah dalam penyelidikan. Kami masih mendalami keterangan dari pelaku Namo untuk melakukan pengejaran terhadap dua pelaku lainnya,” tandasnya. (radar)