Browse By

Longsor, Arus Lalu Lintas Terganggu

Pengendara motor melintas di Jalan Desa Sumberanom, Kecamatan Sumber, yang longsor, kemarin (11/10).

SUMBER – Guyuran hujan deras di wilayah Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolingo, sejak Selasa (10/10) sore, membuat tebing setinggi 7 meter di Dusun Curah Kediri, Desa Sumberanom, Kecamatan Sumber, longsor. Gugurnya tanah ini terjadi kemarin (11/10), sekitar pukul 03.00 WIB.

Syukur tak sampai ada korban jiwa akibat material longsor yang menutup jalan utama Desa Sumberanom itu. Namun, material longsor sempat membuat arus lalu lintas antara Desa Sumberanom dengan Desa Wonokerso, terganggu. Jalan kembali lancar sekitar pukul 09.00 WIB.

Kepala Desa Sumbaranom Priyanto mengatakan, tebing longsor sering terjadi ketika minim hujan. Sebab, tebing di lokasi kejadian itu memang gembur. Sehingga, ketika terkena hujan mudah longsor. “Kejadian seperti ini sering. Setiap hujan memang sering longsor kayak gini. Jadi, tidak terlalu kaget,” ujarnya.

Priyanto mengatakan, akibat kejadian ini arus lalu lintas antara Desa Sumberanom dengan Desa Wonokerso sempat tertutup. Sebab, material longsor setinggi sekitar setengah meter menutupi separo badan jalan. Sedangkan, separonya lagi masih dalam proses pengeringan setelah dirabat beton.

Loading...

“Jadi, jalannya tidak bisa dilewati. Padahal, jalan ini juga bisa menghubungkan ke Kecamatan Sukapura., ujarnya, Tebing yang longsor kali ini setinggi sekitar 7 meter sedangkan dengan Iebar sekitar 1,5 meter. Demi kembali memperlancar arus lalu lintas, warga setempat bergotong royong membersihkan material longsor dengan alat seadanya.

“Biasanya setiap minggu kami gotong royong kerja bakti, tapi ini karena ada longsor jadi kami kerja bakti sekarang (kemarin),” ujar Priyanto. Selain menyebabkan longsor, guyuran hujan deras sejak Selasa sore itu juga mengakibatkan jalan rabat beton yang baru dibangun rusak. Syukur, tidak terlalu parah. Kerusakannya hanya sekitar 2 meter dengan lebar sekitar setengah meter. (radar)