Browse By

Gudang Kapuk di Purwosari Ludes Terbakar

Petugas damkar Kabupaten Pasuruan berjibaku memadamkan api yang melalap gudang kapuk di Kelurahan/Kecamatan Purwosari, kemarin.

Dipicu Percikan Api dari Mesin Molen

PURWOSARI – Kepulan asap membumbung tinggi dari gudang kapuk yang ada di Kelurahan/ Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, kemarin (11/10). Asap itu berasal dari gudang kapuk yang terbakar, Diduga, kebakaran itu disebabkan percikan api dari mesin molen di dalam gudang yang sedang beroperasi. Kerugian akibat kebakaran itu ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 10.45. Api terlihat mulai membakar gudang yang berisi kapuk milik Khoirul Hadi, 51, warga lingkungan Polorejo, Kelurahan/Kecamatan Purwosari tersebut.

Meski jauh dari pemukiman penduduk, namun kebakaran itu menarik perhatian warga setempat. Pasalnya, kepulan asap dan kobaran api tampak membumbung tinggi. Tak ayal, warga berbundong-bondong mendatangi gudang yang ada di tepi mas jalan nasional jurusan Surabaya-Malang tersebut.

Loading...

Warga juga membantu memadamkan api bersama anggota Polsek dan Koramil Purwosari, serta pekerja di gudang tersebut. Menurut salah seorang pekerja, asal muasal api diduga berasal dari percikan mesin molen yang tengah beroperasi.

“Tiba-tiba ada percikan api yang dengan cepat membesar dan menjalar,” terang Ayat, salah seorang pekerja. Tak lama berselang, satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Pemkab Pasuruan tiba di lokasi kejadian. Sesampainya di lokasi, petugas damkar langsung melakukan upaya pemadaman pada titik api yang berkobar.

Pemadaman api tidak berjalan mudah. Pasalnya, api dengan cepat membakar isi gudang. Apalagi, gudang yang berisi sekitar 50 bal kapas itu memang mudah terbakar. Upaya pemadaman baru berhasil setelah dua jam. Seluruh barang di dalam gudang termasuk atap yang terbuat dari seng, ludes terbakar.

Beruntung kobaran api tak menjalar ke rumah-rumah warga. Maklum, lokasi gudang jauh dari pemukiman warga. “Kebakarannya bersifat lokal di satu titik saja. Dari keterangan saksi, bukan karena hubungan arus pendek atau korsleilng listrik. Melainkan percikan api dari mesin molen di dalam gudang saat sedang beroperasi,” jelas Kapolsek Purwosari AKP I Made Suardana. (radar)