Browse By

Beri Syarat Sebelum ke Ranjang

Ilustrasi

REMBANG – Selalu kecapekan setelah bekerja seharian, membuat Minthul (nama samaran), 32, warga Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan ini tak punya tenaga lagi untuk melayani kebutuhan suaminya di ranjang. Karena itu, sebelum beraktivitas di ranjang, Minthul memberi syarat pada Tole (juga nama samaran), 33, suaminya. Ia meminta Tole untuk bantu pekerjaan rumah.

Minthul mengatakan, pernikahannya dengan Tole sudah berjalan hampir 5 tahun. Selain faktor usia. kesibukan pekerjaan plus mengurus rumah dan anak benar-benar, membuat energinya terkuras. “Siapa yang gak capek? Dari habis Subuh sudah ngurusin rumah terus kerja. Pulang kerja masih ada kerjaan rumah,” ungkapnya.

Setelah menikah, Minthul memang tetap memilih bekerja sebagai buruh pabrik. Karena itu, seharusnya Tole juga tahu bagaimana capeknya bekerja dari pagi sampai sore hari. Tapi, Tole yang merasa bahwa pekerjaan rumah tangga adalah kewajiban istri.

Sebagai keluarga yang biasa saja. Minthul dan Tole memang masih punya tanggungan untuk membiayai kebutuhan orang tua meskipun sudah menikah. “Jadi ya meskipun sama-sama bekerja, tapi tetap gak cukup untuk beli rumah sendiri. Jadi selama ini saya masih numpang di rumah orang tua Tole,” ungkapnya.

Loading...

Apesnya, orang tua Tole sendiri menganggap pekerjaan rumah rangga adalah kewajiban Minthul. Meskipun Minthul sudah banting tulang cari uang dengan bekerja jadi buruh pabrik, tetap saja pekerjaan masak, cuci piring, sampai bersih-bersih rumah dibebankan ke Minthul.

“Jadi ya sejak mata melek dari shubuh sampai mau tidur, saya gak ada berhentinya,” ungkapnya. Awalnya, Minthul masih atau menerima dan menganggap itu adalah bentuk bakti istri dan menantu. Tapi, lama-lama Minthul merasa kecapekan sendiri. Apalagi setelah mempunyai 2 anak yang masih balita.

“Saat pulang kerja, semua pekerjaan dibebankan juga ke saya. Tole kalau pulang cuma santai saja depan tv, gak mau bantu istri,” keluhnya.

Karena itu, Minihul benar-benar tidak ada waktu mengurus suaminya. “Eh suami malah ngamuk karena gak pernah ngurusin dia lagi. Saya juga ngamuk lah. Dia gak pernah mau bantu tugas saya. Datang santai-santai saja. Kalau pengen dapat jatah ya bantu tugas istri,” ungkapnya.

Gara-gara ini, Tole pun merasa tersinggung. Entah bagaimana, mertua Minthul juga ikut-ikutan marah. Akibatnya pertengkaran pun terjadi. Karena tak tahan lagi, Minthul memilih minggat dari rumah dengan membawa kedua anaknya.

“Saya gak mau lagi kalau hidup seperti itu. Capek sendiri gak ada yang membantu. Mending cerai saja,” pungkasnya. (radar)