Browse By

Ditinggal Main Basket, Motor Raib Dimaling

Aksi pencurian motor di SMKN 1 Kota Probolinggo terekam cctv.

KEDOPOK – Nasib apes menimpa salah seorang siswa kelas 9 SMP 6 Kota Probolinggo, Yuyasril Fauzul Fahmi, 15, warga Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Kanigaran. Motor yang diparkir di halaman depan kelas ll Administrasi Kantor di SMKN 1 Kota Probolinggo raib digondol maling.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, peristiwa itu terjadi pada jumat (6/10) lalu. Saat itu, Fahmi-sapaan akrabnya, berlatih bola basket di SMKN 1. Ia membawa motor Honda Beat bernopol N 5021 Sl.

Berdasarkan pantauan dari Closed Circuit Television  (CCTV) yang berada di lingkungan sekolah, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.04. Pelaku sekitar pukul 15.30 terlihat melakukan pengintaian di lingkungan sekolah, dengan menggunakan kendaraan roda dua jenis Jupiter Z serta memakai helm.

la berkeliling di tempat parkir sekolah yang berada di halaman belakang sebelah utara, tanpa turun dari motor warna hitam yang ditumpanginya itu. Setelah dirasa aman, pelaku kemudian mengecek situasi di halaman depan.

Loading...

“Setelah berkeliling dari depan dan belakang, pelaku yang mulanya sendirian, kemudian kembali dengan membawa temannya. Pelaku kedua ini juga berpenampilan sama dengan pelaku pertama. Yakni berjaket dan berhelm, serta menggunakan sepatu,” ujar Hadi Sugito, staf TU SMKN 1 Kota Probolinggo.

Hadi-sapaan akrabnya – melanjutkan, dua orang pelaku itu lantas menghentikan motornya di sebelah motor korban. Kira-kira berjarak 5 meter. Pelaku tak langsung mengambil motor korban. Pelaku kembali mengecek situasi di sekitar lokasi parkir.

Saat situasi dan kondisi dirasa aman, pelaku menghampiri motor korban dan mengeluarkan sesuatu dari sakunya. Setelah itu, motor korban digondol. “Sepertinya mengeluarkan kunci T dari sakunya, kemudian langsung membawa kabur motor itu,” jelasnya.

Menurut Hadi, pada saat kejadian, pihak sekolah mengizinkan orang luar untuk ikut berlatih ekstra di sekolahnya. Sehingga pada hari itu tidak memantau satu per satu orang yang datang ke sekolah. Pada saat kejadian, sekuriti yang berjaga, tengah berkeliling untuk menghidupkan lampu.

“Kami menjalin kerja sama dengan sekolah lain yang ingin berlatih olahraga seperti basket. Termasuk siswa yang kehilangan motor ini yang ikut serta. Jadi sulit untuk membedakan orang luar yang masuk,” jelasnya.

Asmad, 40, sekuriti yang berjaga saat itu mengatakan, ia sudah mengingatkan korban untuk meletakkan kendaraannya di parkiran dalam. Namun, karena beralasan akan dipinjam oleh temannya, maka korban meletakkanya di parkiran depan kelas ll jurusan administrasi kantor.

“Itu sudah saya peringatkan, tetapi katanya ada teman cewek yang mau pinjam jadi ditaruh di parkiran depan kelas. Saya tahunya ketika mau salat, dapat kabar bahwa motor siswa yang tadi saya ingatkan itu hilang dan saya langsung kaget,” ungkapnya.

Pihak sekolah langsung melaporkan kejadian tersebut kepada polisi. Hingga kini pihak kepolisian yang mendapatkan laporan tersebut, masih melakukan penyelidikan dan berusaha untuk menemukan pelaku yang telah nekat mencuri di lingkungan pendidikan.

“Sudah laporan. Saat ini kami masih melakukan penyelidikan. Semoga saja nanti bisa menemukan pelaku dan barang buktinya bisa kembali kepada pemilik,” ujar AKP Pujiyono, Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota saat dihubungi koran ini. (radar)