Browse By

Tuan Rumah Raih Juara Ketiga

Suasana Arnphiteater TCW di penutupan MTQ XXVII tadi malam.

PANDAAN – Usai sudah pelaksanaan lomba Musabaqah Tilawatil Quran  (MTQ) tingkat Jatim ke XXVII. Dalam lomba tingkat regional tersebut, Kabupaten Pasuruan yang menjadi tuan rumah, hanya berhasil meraih juara ketiga. Tadi malam acara penutupan juga berlangsung meriah.

Dalam penutupan yang digelar di Taman Candra Wilwatika (TCW) di Pandaan, berlangsung meriah. Walau hanya meraih juara ketiga dibawah Kabupaten Gresik (juara I) dan Kabupaten Sidoarjo (juara ll), prestasi Kabupaten Pasuruan cukup baik.

Ini terlihat dari dari dua kali keikutsertaannya, rangking Kabupaten Pasuruan meningkat. Yakni peringkat 10 saat MTQ XXV 2013 di Surabaya dan peringkat ke 9 saat MTQ XXVI 2015 di Banyuwangi. Sebelum penutupan tadi malam, MTQ XXVII yang digelar 3-8 Oktober juga cukup ketat.

Sedikitnya ada tujuh bidang dibagi 27 golongan yang dilombakan. Lomba sendiri digelar 11 venue yang tersebar di 10 tempat di dua kecamatan yakni Pandaan dan Prigen. Di MTQ kali ini, diikuti 1658 orang, mulai dari kafilah, pembina dan pendamping, serta dewan hakim.

Loading...

“Keputusan ini sudah final dan tidak dapat diganggu gugat. Ditetapkan oleh dewan hakim berlaku sejak tanggal ditetapkan,” terang Fakhurozzi selaku ketua dewan hakim MTQ XXVII. Dalam MTQ ke XXVll, Kabupaten Pasuruan disebutkan menjadi tuan rumah yang bagus.

lni terbukti karena selama pelaksanaan MTQ, para kafilah atau peserta lomba termasuk ofisial memandang, tuan rumah berupaya maksimal. Selain panitia, masyarakatnya juga antusias mendukung dan meramaikannya. “Kabupaten Pasuruan sebagai tuan rumah kami acungi jempol. Sudah maksimal dan baik,” ungkap Dinal Affandi, 26, kafilah asal Kabupaten Sidoarjo.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, acara penutupan tadi malam berlangsung di amphiteater TCW. Acara penutupan tak kalah meriahnya dengan pembukaan, beberapa waktu lalu. Ribuan orang datang dan dan memadati TCW. Mereka ingin melihat dari dekat acara penutupan berlangsung.

Selain diisi hiburan berupa tari-tarian hingga musik, acara yang paling dinanti adalah penyerahan trofi untuk para pemenang. Sebagai pamungkasnya, ditutup penampilan Band Radja yang terkenal dengan single “jujur” itu.

Di penutupan tadi malam, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, juga antusias datang ke acara. “Kami tuan rumah sudah barusaha maksimal, memberikan yang terbaik untuk MTQ XXVII ini. Jika ada kekurangan, kami minta maaf,” ujar Irsyad Yusuf. (radar)