Browse By

Tanah Ambles, Pria Ini Tewas Tertimpa Pohon di Purwodadi

Petugas Polsek Purwodadi memberikan police line di bahu jalan yang tanahnya ambles.

Tertimpa Pohon saat Berteduh di Kebun Raya

PURWODADI – Nahas menimpa Imam Mulyadi, 45, warga Desa Rambigundam, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember. Kernet travel rombongan wisata itu, tewas setelah tertimpa pohon di area parkir Kebun Raya Purwodadi, Sabtu (7/10) siang.

Insiden itu terjadi saat ia bersama rombongan wisatawan lainnya berteduh di warung kopi yang ada di area parkir Kebun Raya. Saat berteduh itulah, pohon di dekat warung roboh menimpa warung. Pohon yang roboh lantas mengenai korban.

Rombongan wisata itu sendiri tiba di Kebun Raya, sekitar pukul 12.15, dengan menggunakan sebuah bus. Mereka berasal dari Kabupaten Situbondo. Satu jam kemudian, sekitar pukul 13.15, hujan turun dengan deras di Purwodadi. Karena itu. rombongan pun berteduh di sejumlah tempat.

Loading...

Korban sendiri berteduh bersama enam orang yang lain di sebuah warung kopi. Warung itu berdiri di bawah sebuah pohon, dekat pagar Kebun Raya. “Kami sampai di sana siang. Satu jam kemudian, hujan turun deras sekali. Karena hujan, akhirnya kami berteduh di warung kopi itu. Sekitar tujuh orang yang duduk-duduk di sana., ujar Abdul Muis, 27, salah seorang karyawan travel saat ditemui di Mapolsek Purwodadi.

Sekitar pukul 13.30, setelah beberapa saat berteduh, hujan makin deras turun. Bahkan, suasana menurut Abdul Muis, sangat mencekam. Diduga saking derasnya hujan, tanah tempat warung berdiri ambles. Tanah yang ambles cukup luas. Panjangnya. sekitar 15 meter dengan lebar 2,5 meter. Mulai dari bahu jalan yang ada di luar pagar Kebun Raya, sampai ke warung yang ada di dalam pagar Kebun Raya.

Nah, di bahu jalan, tepat di luar pagar Kebun Raya, diparkir tiga alat berat jenis pneumatic roller yang digunakan untuk perbaikan jalan di jalur setempat. Fungsinya untuk pemadatan dan pengaspalan. Tiga alat berat itu diparkir, karena perbaikan jalan libur saat hari Sabtu.

Amblesnya bahu jalan, membuat ketiga alat berat itu guling. Kemudian menimpa pagar kebun raya. Pagar yang tertimpa tiga alat berat, akhirnya roboh dan menimpa pohon. Di saat yang sama, pohon roboh dan menimpa warung. Tak pelak, rombongan yang asyik ngopi, berlarian ke segala penjuru. Beberapa di antara mereka, selamat.

“Begitu ada tanda-tanda longsor dan pohon tumbang, kami panik. Ada yang sempat lari dan selamat. Saya sendiri terjungkal ke aspal dan luka di tangan kiri,” tambah Mu`is. Sayangnya, korban Imam Mulyadi tak dapat menyelamatkan diri. Pohon yang tumbang itu tepat mengenai badan korban.

Korban mengalami luka parah akibat tertimpa pohon itu. Korban pun langsung dilarikan ke Puskesmas Purwodadi, namun kemudian meninggal. “Kami sempat mengevakuasi korban dan membawanya ke Puskesmas Purwodadi untuk mendapatkan pertolongan medis. Namun, nyawanya tak tertolong. Dia meninggal dunia saat dalam perjalanan,” ujar Aiptu Joko Santoso, Kanit Reskrim Polsek Purwodadi.

Polisi yang datang juga melakukan identifikasi dan olah TKP. Di sekitar lokasi kejadian, langsung telah dipasang police line. Sedangkan kasus tersebut, kini masih dalam penyelidikan Unit Reskrim Polsek Purwodadi.

Aiptu Joko menyebut, pihaknya kini tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut. Saat ini, beberapa saksi sudah diperiksa petugas. “Kasusnya sedang kami tangani Kami masih melakukan pendalaman-pendalaman. Sementara ini, sudah ada beberapa saksi yang diperiksa. Tak menutup kemungkinan, akan ada keterangan dari saksi lain yang dapat memperkuat infomasi tentang kejadian itu,” tandasnya. (radar)