Browse By

Jelang Pilkada, Bertebaran Pesan Tak Bertuan

Salah satu “reklame” tak bertuan berisi harapan untuk calon wali kota terpasang di Gang Serang 1, Jalan Slamet Riyadi, Kota Probolinggo.

MAYANGAN – Menjelang pelaksanaan Pilkada 2018, di Kota Probolinggo semakin banyak bermunculan pesan-pesan politik tak bertuan. Pesan yang dipasang bak papan reklame itu menampilkan pesan-pesan agamis.

Sejak dua pekan lalu, muncul “reklame” hijau menampilkan tulisan “rahmatan lil alamin.” Bahkan, saat ini sejumlah reklame itu telah bertebaran sampai di wilayah kelurahan-kelurahan. Sepekan terakhir, muncul kembali relame bertuliskan “Ya Allah, Ya Tuhanku. MunculkanIah calon Wali Kota Probolinggo yang amanah.”

Reklame putih itu tersebar di sejumlah lokasi strategis di Kota Probolinggo. Seperti di Bundaran Gladak Serang, Perempatan Brak sampai di depan Kantor Wali Kota Probolinggo di jalan Panglima Sudirman. Tak ayal, keberadaannya mengundang perhatian warga. Apalagi, tak ada identitas atau petunjuk siapa pemasang reklame ini.

“Banner rahmatan lil alamin itu siapa yang masang. Pesannya memang agamis, tapi kok terkesan politis. Tidak ada penjelasan siapa yang memasang. Warnanya juga hijau, seperti warna partai,” ujar warga Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Rahmadi, 40.

Loading...

Sedangkan, Kepala Dinas Polisi Pamong Praja Kota Probolinggo Sudiman mengatakan, “reklame” berisi pesan rahmatan lil alamin maupun doa tentang calon wali kota itu tidak berizin. “Dari Dinas Penanaman Modal juga tidak ada keterangan siapa yang memasang. Tiba- tiba langsung pasang saja. Kami juga masih menelusuri siapa yang memasang banner itu,” ujarnya.

Sudiman mengaku juga sudah menanyakan ke sejumlah pengurus partai politik di Kota Probolinggo. Namun, semuanya membantah. “Kami rencananya akan menurunkan banner itu. Namun, khawatir akan jadi viral di masyarakat karena banner itu bermuatan agama. Jadi, viral dengan kata-kata yang salah. Makanya kami tunggu 1 minggu lagi. Jika tidak ada kabar tentang siapa yang memasang akan kami amankan banner itu,” ujarnya. (radar)