Browse By

Diceraikan Karena Tak Mau Ikut Merantau

Ilustrasi

BANGIL – Sikap Tole (nama samaran), 38, warga Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan ini cukup aneh. Di satu sisi, ia tak bisa hidup tanpa Minthul (juga nama samaran), 37, di sampingnya. Namun di sisi lain.,ia justru tega menceraikan sang istri ketika Minthul tak mau diajak merantau.

Karena itu, Minthul terheran-heran dengan sikap suaminya itu. Minthul memang enggan jika harus merantau dan jauh dari keluarga besar. Apalagi kedua anaknya sudah sekolah di Pasuruan dan bakal ribet kalau mengurus kepindahan sekolah.

“Sebenarnya kan gak masalah kalau pisah dulu, Toh sebulan sekali dia bisa pulang. Tapi suami gak mau seperti itu,” ungkapnya. Selain berat mengurus tetek bengek kepindahan sekolah anak, keengganannya merantau juga karena tanggungjawabnya mengurus ibunya yang sudah renta.

Loading...

Tole yang bekerja sebagai perajin perhiasan, memutuskan merantau setelah perekonomian keluarganya tak kunjung stabil. Apalagi, ia tidak hanya menghidupi keluarganya sendiri, namun juga ibu mertuanya. Karena bisnis perajin perhiasan kurang menjanjikan di Pasuruan, akhirnya ia memutuskan untuk pergi ke Bali.

“Lalu ada temannya yang nawarin supaya kerja di Bali saja. Karena disana masih ramai,” ungkap Minthul. Tanpa banyak pertimbangan, Tole pun mengiyakan ajakan temannya tersebut. Namun, Tole menginginkan anak dan istrinya turut serta.

Diminta untuk ikut, Minthul jelas menolak. “Saya bilang coba saja dulu, kalau bisa sebulan sekali bisa pulang. Sehingga masih bisa kumpul sama keluarga meskipun sebentar,” ungkapnya. Selama tiga bulan, Tole dan Minthul menjalani hubungan jarak jauh. Atau istilahnya long distance relationship (LDR).

Meski berjauhan, namun sisi positifnya perekonomian mereka membaik. Tole juga bisa rutin pulang. Meski begitu, Tole tetap mengharapkan Minthul bisa ikut serta. Hanya saja, Minthul terus menolak. Penolakan Minthul ternyata mengecewakan hati suaminya.

Sampai setahun, Tole makin jarang pulang. Uang bulanan pun seret. Bak disambar petir, begitu pulang, Tole malah minta cerai. “Jelas kaget, ternyata dia malah minta cerai. Dugaan saya pasti sudah ada perempuan lain disana., katanya. Minthul tak bisa apa-apa karena keputusan suaminya bulat. (radar)

Incoming search terms:

  • lihat pembunuhan dipilang probolinggo tadi malam