Browse By

Lebih Kerasan di Rumah Istri Muda

Ilustrasi

BEJI – Janji untuk tetap adil setelah menikah lagi, ternyata hanya bualan belaka belaka. Tole (nama samaran), 43, warga Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan ini malah terlalu mengistimewakan Menthil (nama samaran), istri mudanya.

Karena itulah, Minthul (juga nama samaran), 43, menggugat suaminya ke Pengadilan Agama (PA) Bangil. Minthul mengatakan, dari segi ekonomi, kehidupan keluarga mereka sebenarnya tak bergelimangan harta. Namun karena selama ini sama-sama bekerja, mereka tak pernah kehilangan sesuatu apapun. “Kalau dari segi harta kita cukup tapi gak kaya. Tapi suami pakai gaya ingin menikah lagi,” ungkapnya.

Sebagai pedagang sembako di pasar tradisional, Tole memang memiliki penghasilan yang cukup. Minthul sendiri enggan berpangku tangan. Setelah menikah dengan Tole, Minthul tetap bekerja sebagai buruh pabrik. Dari hasil banting tulang bersama, mereka sudah memiliki rumah yang sederhana, mobil, motor termasuk bisa membesarkan ketiga anak mereka.

Minthul mengatakan, selama berumah tangga hampir 20 tahun, tak pernah ada masalah keuangan. Termasuk adanya orang ketiga. Seiring berjalannya waktu, bertambah tuanya Minthul memang membuat staminanya menurun.

Loading...

Sepulang dari kerja, Minthul seringkali capek dan ingin bersantai. Karena itu, ia jarang melayani suaminya. Alasannya, karena ia tak lagi punya energi lebih. Hal itulah yang menjadi alasan Tole untuk mencari istri lagi. “Pertama saya ngamuk dan mengancam. Sementara, Tole balik mengancam, kalau saya tidak melayani dia, katanya mau nikah lagi,” ungkapnya.

Keinginan Tole tersebut akhirnya terealisasi 5 tahun kemudian. Minthul luluh karena merasa tak bisa membahagiakan suaminya. “Akhirnya sudah setahun lalu, suami nikah lagi tapi siri. Jadi, keluarga gak ada yang tahu, itupun saya gak mau tinggal serumah, sehingga Tole mengontrakkan rumah buat istri mudanya,” jelasnya.

Nah, setelah suaminya menikah siri tersebut, Mimhul merasakan perubahan. Bahkan janji untuk adil ternyata hanya isapan jempol. Tole justru lebih banyak menghabiskan waktu di rumah istri mudanya. Bahkan pernah satu bulan sama sekali tak pulang ke istri pertama.

“Gak hanya waktu yang gak adil, bahkan karena keasyikan sama istri muda, eh uang bulanan ke saya juga gak jelas. Saya marah-marah terus, tapi Tole malah santai saja,” keluhnya. Tak tahan lagi dengan kelakuan suaminya, Minthul pun memilih bercerai, Ia mengaku tak tahan. Selain itu, keluarga besarnya akhirnya tahu bahwa Tole sudah memiliki madu. (radar)