Browse By

Eks Galian C Jadi Perumahan

Sejumlah alat berat didatangkan untuk menguruk lahan bekas galian C yang akan jadi perumahan marinir di Dusun Juran Pelen, Desa Bulusari, Gempol

Ditempati untuk Prajurit Marinir

GEMPOL – Lahan eks galian C di Dusun Jurang Pelen, Desa Bulusari, Kecamatan Gempol bakal segera beralih fungsi. Di lahan seluas sekitar 34 hektare itu kini tengah diuruk untuk jadi perumahan. Perumahan itu rencananya diperuntukkan khusus prajurit marinir. Jumlahnya mencapai sekitar 2 ribu unit.

Saat ini, sejumlah alat berat terlihat di lahan eks galian C itu untuk menguruk lahan setempat. Rencana pembangunan perumahan marinir itu disampaikan Mayor Marinir Andi Iksan, kemarin. Komandan Detasemen Markas (Dandema) Pasmar l Gedangan, Sidoarjo itu menjelaskan, pengerjaan perumahan marinir itu merupakan yang ketiga di Jatim. Sebelumnya, juga dibangun di Driyorejo, Gresik dan Taman, Sidoarjo.

“Lahannya eks galian C itu akan kami manfaatkan sebagai perumahan khusus prajurit yang masih aktif atau dinas,” ungkapnya. Lahan itu merupakan lahan milik swasta. Menurutnya saat ini masih banyak prajurit marinir yang belum memiliki hunian. Ada ribuan prajurit marinir yang tinggal nguntrak hingga indekos.

Loading...

“Lantaran itu,  sudah saatnya dibangunkan pertanahan baru. Sesuai dengan petunjuk dan arahan pimpinan di atas, demi kesejahteraan prajurit itu sendiri,” jelasnya. Nah, sosialisasi rencana pembangunan itu sudah dilakukan sejak 2016 lalu. Saat ini, sepertiga dari luas lahan yang ada sudah mulai dilakukan pengurukan.

Sementara untuk izin prinsip dan perizinan lainnya disebutkan Andi Iksan sudah diajukan. izin itu saat ini masih dalam proses. Dari luas lahan keseluruhan, dari masterplan yang ada, sekitar 30 persen diantaranya akan dimanfaatkan sebagai sarana dan prasarana penunjang.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan Pemkab Pasuruan dan juga Pemprov Jatim. Realisasiny, awal tahun depan atau maksimal dipertengahan tahunnya. Targetnya 2019 mendatang, 50 persennya sudah terealisasi,” bebernya. Disinggung biaya pendaan pembangunan perumahanya sendiri, menurut Andi Iksan akan diambilkan dari dana Asabri. (radar)