Browse By

Butuh Makan, Nekat Curi Kabel PTKL

Tersangka Uyen

KRAKSAAN – Beralasan untuk  kebutuhan keluarga dan membeli rokok, membuat Muhamad Uyen, 29, warga Desa Tamansari, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, nekat. Bapak seorang anak ini mencuri kabel milik PT Kertas  Leces (PTKL) dan kini harus berurusan dengan polisi.

Uyen tertangkap basah saat sedang beraksi di PTKL, Senin (2/10)  lalu, sekitar pukul 14.00 WIB. kini, dia sudah ditetapkan sebagai  tersangka dan ditahan di Mapolres  Probolinggo. Dia pun terancam  hukuman selama 7 tahun penjara,  sebagaimana diatur dalam pasal   363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan.

Uyen mengaku menyesal telah mencuri. Menurutnya, kabel hasil curiannya itu dijual Rp 75 ribu per kilogram. Sejauh ini,  pihaknya sudah sempat menjual  kabel seberat 8,5 kilogram. “Buat makan, rokok, dan kebutuhan  sehari-hari,” ujarnya kepada Jawa  Pos Radar Bromo di Mapolres  Probolinggo, kemarin.

Sedangkan, Kasat Reskrim Polres Probolinggo AKP Riyanto  mengatakan, pihaknya beberapa kali mendapatkan laporan hilangnya kabel power dynamo  PTKL. Senin (2/10), anggota Polsek Leces bersama Satpam PTKL  berpatroli di sekitar PTKL.

Loading...

Saat itulah, mereka mendapati orang yang tidak dikenal berada di area cooling tower PTKL. Ternyata, dialah Uyen yang sedang memotong kabel power dinamo  PTKL. “Tersangka mengaku mencuri kabel itu sudah dua kali. Kami langsung membawanya ke Polsek untuk diperiksa lebih  lanjut,” ujarnya.

Menurut Riyanto kabel power dinamo yang dicuri itu tidak mengandung aliran listrik. Sehingga, tersangka dengan mudah memotongnya. Bersama tersangka, pihaknya juga mengamankan  sejumlah barang bukti. Diantaranya, ada sebuah gergaji besi, sebilah pisau, 3 sak plastik, dua  kabel jenis NYY berdiameter 260  milimiter panjang 2 meter. Dua kabel itu ditaksir seharga Rp 10  juta. (radar)