Browse By

9 Tahun Edarkan SS, Penjaga Warnet Dibekuk

Ferry Hermawan saat menunggu untuk diperiksa penyidik di Mapolres Pasuruan.

BANGIL-Berakhir sudah bisnis terlarang yang dilakoni  Ferry Hermawan, 31 selama 9 tahun terakhir. Laki- laki  asal Kelurahan/Kecamatan Pandaan ini diringkus polisi, setelah ketahuan menyimpan narkoba jenis sabu-sabu. Bukan hanya sekedar menyimpannya. Karena, sabu-sabu tersebut rencananya akan diedarkannya kepada pemesan. 

Kasatreskoba Polres Pasuruan, AKP Nanang Sugiyono mengatakan, tersangka Ferry ditangkap polisi Selasa  (3/10). Ia ditangkap di rumahnya sekitar pukul 21.30. Penangkapan tersebut berawal dari penelusuran yang dilakukan petugas. Tersangka disebut-sebut kerap  mengedarkan narkoba jenis sabu-sabu. 

“Setelah kami mendapatkan informasi kalau pelaku kerap mengedarkan sabu-sabu dari masyarakat, kami  kemudian melakukan penyelidikan. Kami mengintai gerak-gerik tersangka, hingga meyakini kalau tersangka  memang seorang pengedar,” tukasnya. 

Petugas kemudian melakukan penggrebekan di rumah tersangka. Dalam penggerebekan itu, petugas menemukan sejumlah barang bukti yang menguatkan.  Selain empat poket sabu-sabu seberat total 2,17 gram, petugas juga mendapati satu pipet kaca yang masih  berisi sabu-sabu seberat 2,02 gram.

Loading...

Petugas juga menemukan handphone nokia, satu bungkus klip plastik kecil dan sejumlah barang bukti lainnya. Barang-barang itu pun lantas diamankan bersama tersangka ke Mapolres Pasuruan untuk dilakukan  pemeriksaan.

Kepada petugas, tersangka yang berprofesi  sebagai penjaga warnet ini mengaku, sudah melakoni  bisnis terlarang itu sejak 2008 atau sejak 9 tahun lalu. Ia melakoni bisnis haram itu, lantaran kepincut dengan hasil yang didapatkan. 

“Pengakuannya, pendapatan dari menjaga warnet tak cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Makanya ia nekat  nyambi mengedarkan sabu-sabu,” imbuhnya. Kini, karena perbuatannya itu, tersangka dijerat pasal  114 jo pasal 112 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Ancamannya 10 tahun penjara. (radar)