Browse By

Pakde Karwo Resmi Buka MTQ ke XXVII

Gubernur Soekarwo (empat dari kanan)  membuka secara resmi lomba MTQ yang ditandai dengan menabuh rebana

PANDAAN – Lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XXVII tingkat Jatim yang digelar di Kabupaten Pasuruan, resmi dibuka Gubernur Soekarwo, tadi malam.  Event yang akan digelar 3-8 Oktober 2017 itu mendatangkan 1.632 orang dari 38 kota dan kaupaten se Jatim. Mulai dari peserta, ofisial, sampai dewan juri dari. 

Dalam pembukaan yang digelar di amfiteater Taman Candra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan,  Kabupaten Pasuruan. Dalam sambutannya, Gubernur Soekarwo yang akrab disapa Pakde Karwo itu berharap, pelaksaanaan lomba MTQ semakin mempererat persaudaraan umat Islam. 

“Ini event penting untuk mengukuhkan ukhuwah islamiyah, ukhuwah wataniyah, maupun ukhuwah basyariah di provinsi  ini,” jelas Pakde Karwo. Usai memberikan sambutan, lomba MTQ kemudian resmi membuka dengan  pemukulan rebana bersama.

Loading...

Selain Soekarwo, hadir pula Wakil Gubernur Syaifullah Yusuf, Bupati  Pasuruan irsyad Yusuf, serta pejabat dari Forkompimda Jatim maupun Kabupaten Pasuruan.  Dalam event dua tahunan itu, ada tujuh macam bidang lomba yang ditandingkan.

Di antaranya, Musabaqih Tilawatil Quran (MTQ); Musabaqah Tahfidz Quran (MHQ); Musabaqah Khoththil Quran  (MKQ); Musabaqah Fahmil Quran  (MFQ), Musabaqah Syahril Quran (MSQ); Musabaqah Makalah  Quran (MMQ); dan Tafsir.

Lomba nantinya berlangsung  di 11 tempat, mulai Pandaan,  Prigen, dan Bangil. Dalam penyelenggaraan dua tahun sebelumnya  di Banyuwangi, Kabupaten Gersik  keluar sebagai juara umum. Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf  berjanji akan menjadi tuan rumah yang baik bagi seluruh kontingen. “Kami merasa bangga, senang, dan terhormat ditunjuk sebagai tuan rumah,” katanya.

Sebagai tuan rumah, pria yang  akrap disapa Gus Irsyad itu menargetkan sukses sebagai panitia maupun peserta.  Dalam pantauan koran ini, pembukaan tadi malam disambut antusias oleh masyarakat.  Lokasi pembukaan penuh sesak  oleh penonton. Apalagi,  dalam pembukaan tersebut, hadir grup  band Wali yang diundang untuk  semakin memeriahkan acara.

Sebelum dibuka secara resmi, sekitar pukul 09.00 digelar pawai ta’aruf kendaraan hias. Pawai yang menempuh jarak 2,5 kilometer itu, mengambil start di depan rumah makan Ikan Bakar Cianjur, Karangjati, dan finish  di Taman Candra Wilwatikta  (TCW), Kecamatan Pandaan.

Sejak pagi, masyarakat Pandaan  dan sekitarnya mulai memadati  rute pawai. Yakni jalan R.A. Kartini, A. Yani, dan dr. Peserta pawai  adalah kontingen 38 kabupaten  dan kota se-Jatim. Dalam pawai  tersebut, masing-masing kontingen ada yang menampilkan  kasidah, Al-Banjari, kuda kencak,  barongsai, maupun tari-tarian. Ada juga penampilan marching  band, perkusi, dan lainnya.

“Banyak manfaat yang didapat dalam pawai ta’aruf ini. Yakni  mengunggah spirit keimanan   dan kesalehan. Juga ukhuwah Islamiyah, baik pemerintah dengan masyarakat maupun masyarakat dengan masyarakat,” tegas  Bupati Irsyad. (radar)