Browse By

Gagal Beraksi, Maling Motor Nyonyor Dimassa

Pelaku saat mendapat perawatan di RS Bhayangkara Pusdik Brimob, kemarin.

BEJI – Sutomo, 27, warga Desa Sruwi, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, digebuki massa, kemarin (2/10). Itu setelah aksinya menggondol motor Honda Tiger milik Mahmudi, 38, warga Ngerong, Kecamatan Gempol, dipergoki korban. Pelaku pun jadi bulan-bulanan massa yang geram dengan maraknya aksi pencurian motor. 

Aksi pencurian itu berlangsung  sekitar pukul 09.30. Sutomo melancarkan aksinya bersama SM, yang kini masih buron. Kapolsek Beji, Kompol Wagiran mengatakan, pelaku menyasar motor  korban yang terparkir di sebuah  gang di Dusun/Desa Gununggangsir, Kecamatan Beji. 

Loading...

Motor Tiger warna merah di tinggal korban yang tengah mencari rumput. Kesempatan itulah yang kemudian dimanfaatkan  pelaku. Pelaku SM kemudian turun  dari Honda Vario yang di tumpanginya dan mendekati motor  korban.

Ia kemudian merusak  kontak menggunakan kunci T. Setelah berhasil, pelaku kemudian membawa kabur motor  tersebut. Saat itulah, aksi kriminal itu dipergoki warga. Warga  kemudian meneriaki kedua pelaku. Teriakan itu didengar warga lainnya yang langsung mengepung pelaku. 

Ketika itu, SM berhasil lolos dari kerumunan warga. Namun, tidak demikian dengan Sutomo. Ia yang tersudut hanya bisa berusaha melindungi diri dari amukan massa. Ia dipukuli massa hingga berdarah-darah. Beruntung petugas segera datang. Pelaku pun berhasil diamankan dari amukan massa.   

“Pelaku satunya berhasil kabur dengan membawa motor korban. Sementara, satu pelaku (Sutomo) berhasil diamankan,” jelas Wagiran. Ternyata, motor korban juga ditinggal pelaku SM. “Motor itu kemungkinan ditinggal karena mogok, kehabisan bensin,” sambungnya. 

Kepada wartawan, Sutomo berdalih baru sekali mencuri. “Saya diajak SM. Baru kali ini saya ikut dan saya ditinggal,” katanya. Karena perbuatannya itu, ia terancam hukuman 7 tahun penjara. Ia disangka melanggar pasal 363 KUHP  tentang Pencurian dengan Pemberatan. (radar)