Browse By

Giliran Duo PDI Perjuangan ke Parpol Lain

Eddy Paripurna dan Andry Wahyudi menyerahkan berkas pendaftaran ke kantor DPC Gerindra di Bangil.

Eddy dan Andry Kembalikan Formulir  ke Nasdem dan Gerindra

PANDAAN – Peta politik jelang  Pilkada Kabupaten Pasuruan  bakal menghangat. Sejumlah petinggi parpol, mulai merapat  ke parpol lain. Kemarin (29/9),  misalnya duo petinggi partai berlambang banteng moncong putih itu, mengembalikan formulir   pendaftaran ke partai lain.

Duo petinggi DPI Perjuangan itu adalah Eddy Paripurna dan  Andry Wahyudi. Eddy Paripurna saat ini menduduki Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, dan juga  menjabat sebagai ketua Komisi  D DPRD Jawa Timur.

Sementara,  Andri Wahyudi adalah ketua DPC  PDI Perjuangan Kabupaten Pasuruan, yang saat ini juga menjabat sebagai ketua Komisi II  DPRD Kabupaten Pasuruan.  Kedua politisi asal Pandaan itu sama-sama mengembalikan formulir pendaftaran ke Nasdem  dan Gerindra.

Loading...

Kebetulan dua  parpol tersebut, juga tengah membuka pendaftaran untuk calon  bupati dan calon wakil bupati. Keduanya lebih dulu menyerahkan formulir pendaftaran ke  kantor DPD Nasdem Kabupaten Pasuruan di Kutorejo, Pandaan.

Setelah selesai, sore itu juga lanjut bergeser ke kantor DPC Gerindra Kabupaten Pasuruan di Bangil. Selain Eddy dan Andry,  rombongan yang ikut mendampingi mereka adalah segenap anggota fraksi PDIP dan juga  pengurus DPC PDIP Kabupaten  Pasuruan.

“Kami berdua datang kompak menyerahkan berkas formulir pendaftaran, bersama pengurus  lainnya. Dihari yang sama, ke Nasdem dulu dan setelah itu ke Gerindra,” ucap Eddy Paripurna.  Mantan Wabup Pasuruan itu  menyebutkan, dirinya menyerahkan berkas formulir pendaftaran  sebagai cabup. Sedangkan Andry   Wahyudi, sebagai cawabup.

“Posisinya sama, baik di Nasdem maupun Gerindra,” katanya. Hal senada juga diungkapkan Andry Wahyudi. Ia mengatakan,  untuk membangun kabupaten  ini kedepan, PDI Perjuangan tidak bisa sendirian. Namun  harus bekerjasama dengan partai lain. Termasuk pula dalam  hal mitra koalisi. Salah satunya,  dengan Nasdem dan Gerindra,   atau dengan partai lainnya.

Andry menambahkan, walau PDI Perjuangan ada dua calon, hubungan dirinya dengan Eddy  Pari purna baik-baik saja, bahkan kompak. Baik di internal partai maupun eksternal. “Di dalam PDIP  saat ini tidak ada kubu-kubuan, tetap kompak antara saya dengan  pak Eddy (sapaan akrab Eddy  Paripurna, red),” katanya.

Terpisah, ketua DPD Nasdem Kabupaten Pasuruan Joko Cahyono menyambut baik pengembalian formulir dari dua kader PDI Perjuangan. “Berkas formulirnya kami terima dengan lapang  dada. Pastinya akan di proses  lebih lanjut dan mengikuti aturan  serta ketentuan yang ada di partai kami. Endingnya nanti, pusat yang menentukan,” ungkapnya.

Selama proses pembukaan  pendaftaran cabup dan cawabup,  Joko menyebutkan, dari Nasdem sudah ada tiga orang yang mengembalikan. Diantaranya Irsyad  Yusuf dan Eddy Paripurna, keduanya daftar sebagai cabup. Lalu, Andry Wahyudi sebagai cawabup.

“Tidak menutup kemungkinan, cabup dan cawabup akan bertambah yang mendaftar ke partai  kami. Karena komunikasi sudah  dibangun, dan lebih pastinya  belum bisa menyebutkan siapa sajanya sekarang,” tegasnya. Sementara itu, dari Partai  Gerindra Kabupaten Pasuruan melalui juru bicara sekaligus sekretaris DPC yakni Rohani Siswanto menyebutkan, partainya merasa bangga dan terhormat resminya pendaftaran Eddy  Paripurna dan Andry Wahyudi.

“Konstalasi politik jelang pemilukada kian menarik namun tetap dinamis. Salah satunya,  daftarnya kedua kader terbaik PDI P ke Gerindra,” tukasnya.  Berkas formulir yang diterima,  selanjutnya akan seleksi sekaligus. Setelah itu diserahkan ke DPD Gerindra Jatim untuk proses lanjutnya.

“Sebelum kami serahkan berkasnya ke DPD, ada akan raker yang segera dilaksankan dalam waktu dekat,”  ungkapnya. Disingggung siapa saja yang  sudah mendaftar sekaligus  mengembalikan formulir ke  partai Gerindra, ia menyebutkan total sudah empat empat orang.  Jumlah tersebut diprediksi bakal bertambah. (radar)