Browse By

Lagi, Temukan PSK yang Mengidap HIV/AIDS

Petugas mengambil darah salah satu PSK yang berhasil diamankan dari razia Kamis (21/9) malam. Kemarin (22/9)  mereka dicek  kesehatannya  oleh Dinas   Kesehatan,  hasilnya 2 dari 7 PSK mengidap HIV/AIDS.

BANGIL – Penyebaran HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Pasuruan kian mengkhawatirkan. Betapa tidak, setiap kali operasi digelar hampir ditemukan PSK yang mengidap HIV/AIDS. Seperti giat operasi yang digelar  Kamis malam (21/9).

Operasi yang difokuskan di wilayah Pandaan  itu, berhasil menciduk tujuh PSK.  Mereka diringkus petugas, saat menunggu pelanggannya di wilayah Jetak, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan. Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan Yudha Tri Widya Sasongko mengutarakan, operasi  tersebut digelar untuk penegakan Perda Nomor 3 Tahun 2017  tentang Penanggulangan Pelacuran di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Sebanyak 25 personel  dikerahkan untuk kelancaran operasi tersebut.  Mereka menyisir sejumlah tempat di wilayah Pandaan, yang disinyalir menjadi lokasi PSK mangkal.  Operasi itu membuahkan hasil  ketika petugas melakukan razia di wilayah Jetak. Tak kurang dari tujuh PSK berhasil diciduk.

“Saat razia mereka tengah  menunggu pelanggannya. Begitu kami datang, sebagian dari mereka ada yang berusaha lari. Kejar-kejaran dengan petugas pun tak  dihindarkan,” sampai Yudha. Operasi itu sendiri digelar sekitar pukul 20.15.

Loading...

Ketujuh PSK yang  diringkus itu, kemudian digelandang ke Mako Pol PP Kabupaten Pasuruan. Tak hanya didata, kesehatan mereka juga dicek untuk kemudian disidangkan tipiring. Dalam pemeriksaan kesehatan itu, hasilnya sungguh memprihatinkan. Sebab, dari tujuh PSK tersebut, dua di antaranya dinyatakan positif HIV/AIDS.

“Kebetulan mereka merupakan warga luar daerah. Kami akan berkoordinasi dengan petugas di daerah mereka berasal agar  dilakukan pemantauan,” tandas  dia. (radar)