Browse By

Dua Tahun Buron, Maling Sapi Ditangkap saat Tidur

Anggota Polres Pasuruan saat menunjukkan Sueb yang jadi buron kasus pencurian sapi, 18 Desember lalu.

BANGIL – Pelarian Sueb, 31, warga Dusun Jambu, Desa Jimbaran, Kecamatan Puspo, dari kejaran polisi akhirnya  terhenti. Ia diringkus anggota Buser Polres Pasuruan,  setelah sempat buron dua tahun. Sueb ditangkap polisi Rabu dini hari (20/9). Ia digerebek petugas di dalam rumahnya, saat tengah tidur  terlelap, sekitar 03.30.

Kasatreskrim Polres Pasuruan AKP Tinton Yudha  Riambodo mengutarakan, tersangka ditangkap lantaran keterlibatannya dalam aksi pencurian hewan (curwan) sapi. Aksi itu dilakukannya, Jumat 18 Desember 2016 silam.  Korbannya adalah Sawan alias H. Nur Salam, 68, warga Dusun Wonogriyo, Desa Pusung Malang, Kecamatan Puspo.

Ia kehilangan dua ekor sapi miliknya yang berada di  kandang, Dusun Krajan, Desa Kedawung, Kecamatan Puspo.  Aksi tersebut tidak dilakukannya seorang diri. Sueb  beraksi bersama dengan lima rekannya. Empat di  antaranya sudah berhasil diringkus.

Mereka adalah Zainuddin, 26; Andi Purnomo, 19; Salan,  58; dan Ngajid, 29. Sementara satu rekannya masih dalam pengejaran polisi. Dari pelaku yang sudah di tangkap itulah, polisi mengantongi nama Sueb. Tinton-sapaannya menceritakan, para pelaku  melancarkan aksinya dengan merusak kandang korban. Selanjutnya mereka masuk dan membawa dua ekor sapi  jantan di dalamnya.

Loading...

Sementara, tiga sapi lainnya ditinggal di dalam kandang.  Korban sendiri baru mengetahuinya pagi hari sekitar pukul 06.00. Korban yang merasa kehilangan sapinya itu  langsung melaporkan ke polisi. Ia dirugikan hingga Rp 30 juta atas kejadian tersebut.

Dari laporan itulah, petugas kemudian melakukan penelusuran. Penelusuran dilakukan dengan mengikuti jejak yang ditinggalkan pelaku. Pencarian itu pun terhenti ketika sampai di sebuah jurang. Di situlah, petugas mendapati tulang belulang sapi milik korban.

“Para pelaku menguliti sapi korban dan mengambil dagingnya. Sementara, tulangnya mereka buang,” sampainya. (radar)