Browse By

Ditinggal Ngopi, Rumah Ludes Terbakar

Kondisi rumah Gatot yang hangus terbakar. Diduga kebakaran akibat korsleting listrik.

BANGIL – Kebakaran terjadi di rumah Gatot, 48, warga Lingkungan Cemandi  Selatan, Kelurahan Kersikan, Kecamatan  Bangil, Kabupaten Pasuruan, Selasa (19/9)  malam. Kebakaran itu membuat warga setempat panik. Apalagi, peristiwa itu terjadi  saat sebagian warga tengah terlelap.

Lokasi kebakaran pun,  berada di permukiman padat  penduduk. Sejumlah warga sekitar berhamburan untuk menjinakkan api. Mereka menggunakan peralatan seadanya untuk memadamkan api. Ada yang menyemrot kan air dengan selang, ada  pula yang menyiram menggunakan timba.

Kebakaran itu, menurut Didik, salah satu tetangga korban, berlangsung sekitar pukul 22.30.  Malam itu, rumah korban memang dalam keadaan kosong  lantaran pemiliknya tengah ngopi  di kawasan Alun-alun Bangil. “Pak Gatot memang hidup sendirian. Saat itu, ia ngopi,” ungkap Didik.

Saat kejadian, Didik mengaku tengah istirahat. Ia kemudian mendengar teriakan kebakaran dari luar rumah. Sontak saja, Didik beranjak dari tempat tidur dan memastikan teriakan warga.  Saat itulah, ia menyaksikan kobaran api menyala-nyala.

Loading...

Kepanikannya bertambah, karena  khawatir kobaran itu menyambar  rumahnya. Kebetulan, rumahnya memang berdekatan dengan  rumah korban. “Yang pertama  lihat Pak Zainul, tetangga depan  rumah. Begitu ada teriakan, saya  langsung keluar rumah untuk  memadamkan api,” terangnya.

Hingga sekitar satu jam kemudian, api baru berhasil dijinakkan.  Itu, setelah mobil pemadam kebakaran datang. Kebakaran selama satu jam itu, membuat rumah dan perabotan milik korban itu ludes. Kerugian ditaksir hingga Rp 50 juta.  Gatot sendiri mengaku tengah  ngopi malam itu. Saat asyik ngopi itu, ada tetangganya yang memberi tahu kalau rumahnya terbakar.

“Begitu ada yang ngabari,  saya langsung pulang. Sampai  di rumah, ternyata semuanya  sudah hangus,” katanya melas.  Kapolsek Bangil Kompol Abdul  Hadi mengatakan, peristiwa kebakaran itu masih dalam penyelidikan pihaknya. Ia menduga, kebakaran itu disebabkan korsleting listrik. “Itu baru dugaan awal,” katanya. (radar)