Browse By

Api Masih Berkobar di Putuk Lembu

Area perbukitan Putuk Lembu yang terlihat hangus usai dilalap api saat dipotret pagi hari kemarin.

PURWOSARI – Kebakaran hutan  yang melalap kawasan Taman  Hutan Rakyat (Tahura) R. Soerdjo di Blok Putuk Lembu, Desa Cendono, Kecamatan Purwosari,  Kabupaten Pasuruan, belum  berhasil dipadamkan di hari kedua kemarin. Sampai tadi malam,  api sudah melalap lahan sekitar  100 hektare. 

“Apinya masih belum padam. Sejauh ini masih berlangsung dua hari, di blok Putuk Lembu,” jelas koordinator lapangan UPT Tahura R. Soerdjo Iwan Harwiyanto, kemarin. Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo di lapangan, Rabu pagi  (20/9), kepulan asap sempat tak  terlihat.

Puluhan tim pemadam kebakaran hutan dari warga, Tahura, dan relawan yang sejak Selasa sore melakukan pemadaman pun sempat banyak yang  turun.  Kawasan Blok Putuk Lembu juga  terlihat hangus menghitam usai dilalap si jago merah.

Tebing bebatuan yang semula tertutup perdu ilalang pun jelas kelihatan. Nah, sekitar pukul 12.00, kepulan asap kembali terlihat. Kali ini sumber api terlihat di antara  tebing yang terletak tepat di sebelah utara kawasan blok yang  hari sebelumnya terbakar.

Loading...

Asap yang semula terlihat kecil itu lama-lama makin membesar.  Namun, bila dibanding dengan hari sebelumnya, kebakaran di  hari kedua kemarin, masih relatif  lebih kecil.  Disebutkan Iwan, kondisi ilalang yang mengering ditambah embusan angin kencang, membuat api  sulit dipadamkan dan cepat merembet.

“Titik apinya masih di blok yang sama, tapi mulai bergeser ke arah timur. Sesuai dengan arah  mata angin,” bebernya.  Untuk penyebab pasti sekaligus  dugaan sementaranya, belum bisa mengambil kesimpulan. Hanya saja, dari estimasinya, luas lahan yang terbakar sementara ini disebutkan mencapai  sekitar 100 hektare. (radar)