Browse By

Kawasan Tahura Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup

Kobaran api di Blok Putuk Lembu, Desa Cendono, Purwosari saat dipotret dari Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Selasa malam (19/9).

Tutup Sementara Jalur Pendakian

PURWOSARI ­ – Kebakaran hutan di kawasan Tahura  R. Soerdjo menjadi pemandangan biasa. Seperti yang terjadi kemarin (19/9). Kali ini di Blok Putuk Lembu, Desa Cendono, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Saat siang hari, hanya kepulan  asap yang terlihat. Beda lagi jika sore dan malam hari, maka akan  terlihat jelas api yang membakar kawasan tersebut “Kebakaran hutan kembali melanda di wilayah kami. Saat ini tengah berlangsung. Dalam catatan kami, ini merupakan kejadian yang keempat kalinya,”  ucap Iwan Harwiyanto, koordinator lapangan UPT Tahura R. Soerdjo wilayah Kabupaten Pasuruan.

Iwan mengaku, belum menge­tahui penyebab pasti kebakaran tersebut. Termasuk berapa luasan lahan yang terbakar. “Api sampai  saat ini masih membesar. Api membakar semak belukar, alang­-alang,  dan cemara gunung,” katanya.

Loading...

Karena itu, pihaknya segera melakukan proses pemadaman. Pemadaman lokasi yang terbakar, diperkirakan membutuhkan waktu yang lama. Pasalnya, pemadaman hanya bisa dilakukan  secara manual. Medan yang sulit  serta embusan angin, menjadi kendala lainnya.

“Titik api muncul dari wilayah Perhutani dan kemudian merambat ke Tahura,” jelasnya. Karena belum dipastikan kapan  api padam, pihak Tahura R. Soer­  djo, kembali menutup sementara  jalur pendakian untuk umum.  Baik ke puncak Gunung Welirang   maupun Arjuno.

Bukan kali ini saja pendakian menuju Welirang dan Arjuno  ditutup. Pada 14 Desember 2017,  jalur pendakian Arjuno­ Welirang ditutup usai satu pendaki asal Unesa  Surabaya tewas tersambar petir.  Usai cuaca dipastikan aman, jalur pendakian Welirang­ Arjuno kembali dibuka pada 1 Maret 2017.

Kemudian, pada 26 Juli 2017, jalur pendakian Arjuno ­Welirang  kembali ditutup usai terlihat  munculnya titik api di hutan wi­ layah Pecalukan, Prigen. Dan  pada 1 Agustus 2017, jalur pendakian kembali dibuka, usai titik api berhasil dipadamkan.

Kemudian, pada 29 Agustus  2017 jalur pendakian kembali  ditutup usai terjadi kebakaran hutan di Sumber Krecekan, yang terletak di perbatasan antara Kelurahan Prigen dan Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten  Pasuruan. Setelah dirasa aman,  jalur pendakian akhirnya kemba­li dibuka. (radar)