Browse By

Satpol PP Tutup Galian C Gunungsari

Petugas Satpol PP menancapkan papan larangan beraktivitas di Galian C Gunungsari, kemarin.

BEJI – Satpol PP Kabupaten Pasuruan akhirnya bersikap tegas dengan  keberadaan tambang di kawasan Desa Gunungsari, Kecamatan Beji. Karena tak memiliki izin, aktivitas tambang milik PT Gama itu pun akhirnya dihentikan.

Penghentian paksa tambang tersebut dilakukan kemarin (18/9).  Sekitar pukul 15.00, petugas  mendatangi lokasi. Galian C yang   sempat disidak dewan itu pun akhirnya ditutup dengan ditandai  penancapan papan larangan   melakukan aktivitas penambangan  di wilayah setempat.

Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan Yudha Tri Widya Sasongko menyampaikan, penghentian paksa aktivitas penambangan itu di lakukan, seiring pelanggaran perda yang dilakukan.  Yudha menyebut, aktivitas galian C di kawasan setempat melanggar   sejumlah aturan.

“Pihak perusahaan  tidak memiliki izin lingkungan  dan UKL/UPL,” jelas Yudha.  “Dasar-dasar itulah yang membuat kami melakukan penutupan. Izin tambang memang ada di provinsi, namun izin lingkungan Pemkab juga memiliki perda yang  mengaturnya,” sampainya.

Loading...

Yudha menambahkan, penutupan tersebut dilakukan setelah puhaknya berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan. “Kami  sudah berkoordinasi dengan DLH Kabupaten Pasuruan. Setelah dipastikan tidak ada perda terkait lingkungan yang dikantongi, penghentian kegiatan kami  lakukan,” tambah dia.

Sampai tadi malam, belum ada  konfirmasi dari pihak PT Gama  dengan penghentian paksa tersebut. Namun, pihak Gama sempat menyebutkan kalau kegiatan   penambangan di wilayah setempat dilakukan hanya untuk pemerataan lahan.

Alasannya, lahan itu rencananya akan digunakan untuk kawasan perumahan. Seperti yang pernah diberitakan, sidak tambang  dilakukan dewan beberapa waktu lalu. Sidak yang dilakukan di  kawasan Desa Gunungsari, Kecamatan Beji, itu dilakukan setelah adanya keluhan dari warga atas aktivitas penambangan di  wilayah setempat. (radar)