Browse By

Ironi di Lumbung Air

Salah seorang ibu rumah tangga di Desa Jeladri, Kecamatan Winongan, mendorong gerobak berisi jeriken air bersih yang diambil dari dropping BPBD (7/9).

WINONGAN – Kecamatan Winongan selama ini dikenal sebagai salah satu daerah dengan sumberair melimpah. Sebab, di kecamatan  yang terletak di ujung timur Kabupaten Pasuruan itu terdapat  sumber air Umbulan yang terletak di Desa Umbulan.

Debit air Umbulan berlimpah. Saking berlimpahnya, rencana megaproyek transmisi air Umbulan  ke sejumlah daerah pun mulai  digarap tahun ini dengan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ironisnya, di tengah pengerjaan  proyek transmisi air Umbulan itu, sampai sejauh ini di kawasan sekitar  Winongan masih banyak daerah yang justru kekurangan air bersih  saat memasuki kemarau.

Di Desa Jeladri misalnya. Pemandangan warga setempat yang antre mengangkut air bersih dengan mendorong gerobak jeriken berisi air bersih mudah ditemukan.  Pemandangan itu seperti yang diabadikan Jawa Pos Radar Bromo  pada Kamis lalu (7/9).

Sejumlah ibu-ibu tampak mengangkuti air bersih dari dropping BPBD  setempat lewat jeriken-jeriken yang dibawa lantas didorong  menggunakan gerobak. Dari catatan BPBD Kabupaten Pasuruan, saat ini tercatat ada 12 desa di tiga kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang dilanda  krisis air bersih.

Loading...

Tiga kecamatan  itu mencakup Lekok, Lumbang,  dan Winongan.  Untuk Kecamatan Lekok,  terdapat empat desa yang mengalami krisis air. Yakni, Desa Pasinan,  Desa Balonganyar, Desa Wates,  dan Desa Semedusari. Sementara untuk Lumbang,  tersebar di lima desa. Mencakup,  Cukurguling, Watulumbung, Karangjati, Banjarimbo, dan Lumbang. Sedangkan untuk wilayah Winongan, di antaranya Desa Sumberejo, Jeladri, dan Kedungrejo.

“Total ada 12 desa yang mengalami kondisi kering kritis. Air sebenarnya  ada, tapi kurang menunjang untuk  pemenuhan kebutuhan sehari- hari,” kata Bakti Djati Permana, kepala BPBD setempat. Bakti menambahkan, kondisi tersebut sudah berlangsung sejak  sebulan yang lalu. Sejak saat itu pula, penyaluran air bersih terus  dilakukannya.

“Kami mulai intensitaskan penyaluran air bersih. Minimal, sehari dua kali penyaluran air bersih. Kami juga dibantu instansi terkait  untuk penyaluran air bersih tersebut,” jelasnya. (radar)