Browse By

76 Hektare Lahan Sekitar Bromo Menghitam

Asap membubung tinggi di lahan kawasan B-29 area Perhutani, Selasa (12/9) lalu. Namun, kemarin kebakaran ini sudah padam. Termasuk, lahan di sekitar Gunung Bromo.

SUMBER – Kebakaran lahan wilayah Gunung Bromo yang terjadi sejak dua hari lalu, akhirnya berhasil dipadamkan. Akibat  kejadian ini, sedikitnya ada 76 hektare lahan  menghitam karena rerumputan di lahan dilalap si jago merah.

Puluhan haktare lahan itu berada di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Lahan yang terbakar itu berada di tiga titik. Meliputi, Savana seluas 32 hektare, Dengklek seluas 14  hektare, dan Watugede seluas 30 hektare.  Di tiga titik itu semuanya menyisakan rumput yang berwarna hitam.

Kepala Bidang TNBTS Wilayah Satu Fariana Prabansari mengatakan, menanggulangi kebakaran, pihaknya beserta tim  gabungan TNI dan kepolisian masih terus bersiaga. Sehingga, jika nanti ada  kejadian langsung bisa diatasi agar tidak   menyebar.

“Kami masih terus bersiaga. Jika sewaktu-waktu terjadi kembali, bisa langsung diatasi,” ujarnya. Menurutnya, dengan adanya kebakaran ini, sangat diperlukan bantuan dari pihak  pemadam kebakaran. Sebab, yang   mempunyai alat lengkap pemadam kebakaran.

Loading...

“Kalau petugas pemadam kebakaran tidak ikut, setidaknya BPBD diberikan fasilitas mobil damkar akar bisa  membantu memadamkan api,” ujarnya. Selain wilayah TNBTS, api juga melalap lahan milik Perhutani di sekitar Pundak  Lembu, Kecamatan Sumber.

Kini, api di lahan ini juga sudah padam. Dari  perhitungan Perhutani, ada sekitar 5 hektare lahan yang terbakar. Semuanya berupa rerumputan. Kepala Bagian Komunikasi Perusahaan Perhutani Kabupaten Probolinggo Mahludi mengatakan, kebakaran yang melanda wilayahnya sudah bisa diatasi, sejak pukul 18.00 WIB.

“Kami mendapat kabar adanya kebakaran itu langsung kami mengirim petugas untuk memadamkan api. Kami  membuat sekat pembatas agar api tidak  meluas ke area lain,” ujarnya. (radar)