Browse By

Tak Mau Tambah Anak, Suami Kawin Lagi

Ilustrasi

BEJI – Usia pernikahan Minthul (nama samaran), 29 dan Tole (juga nama samaran), 33, sebenarnya sudah 5 tahun. Dari  pernikahan itu, pasutri asal Beji ini sudah  dikaruniai anak yang jumlahnya tiga. Pernikahan mereka sebenarnya bahagia.  Sayangnya, jarak kelahiran anak mereka  terlalu berdekatan.

Alasan itulah yang membuat Minthul menolak hamil lagi.  Tapi, ternyata langkah ini malah menjadi blunder dalam rumah tangganya. Ini,  lantaran Tole malah kawin lagi dan membuat istri barunya hamil. Geregetan dengan ulah  suaminya, Minthul memilih menggugat cerai  di Pengadilan Agama (PA) Bangil.

Minthul mengaku benar-benar sampai mengelus dada dengan kelakuan suaminya. Entah kenapa suaminya ingin sekali mempunyai banyak anak. “Memang sih   banyak anak banyak rezeki. Tapi, kalau seperti ini saya juga yang capek,” ungkapnya.

Minthul mengatakan, mereka  memang sudah menikah 5 tahun  ini dan 3 anaknya masih sangat kecil- kecil, Minthul yang harus berjuang  mengurus semuanya sendiri.  Sejak menikah, Minthul memang  full menjadi ibu rumah tangga.  Tinggal di indekos keluarga bersama Tole menjadi pilihan lantaran rumah mereka berdua  memang sudah terlalu sempit.

Loading...

Selain itu, Tolelah yang menjadi satu-satunya pencari kerja sebagai buruh di pabrik.  Selama menikah, Minthul memang harus pintar-pintar mengatur keuangan keluarga. Belum  lagi ditambah adanya 3 orang anak, membuat biaya hidup makin tinggi.

Sebagai ibu, Minthul  mengeluhkan betapa capeknya mengurus tiga anak, apalagi saat suaminya seharian bekerja.  “Ya capek, gak ada istirahatnya. Suami memang masih mau bantu dikit-dikit, tapi tetap saja semua saya yang kerjakan,” keluhnya.

Sampai titik tersebut, Minthul mengutarakan memang enggan  mempunyai anak lagi. Alasannya, lebih baik mereka fokus membesarkan tiga anak dulu dan memperbaiki ekonomi. Minthul  pun memilih melakukan KB agar minim risiko hamil lagi.

Tole dari awal memang tidak setuju jika Minthul ikut KB. Ini,  lantaran Tole memang ingin mempunyai banyak anak. Sayangnya, keinginan suaminya  tersebut tak melihat kondisi realita termasuk sulitnya Minthul untuk mengurus semuanya.

Setelah itu, dikatakan suaminya  memang jadi temperamental, termasuk tak lagi kerasan tinggal di indekos. “Pulang malam, jadi saya juga sering uring-uringan kok gak cepet pulang bantu saya,”  ungkapnya. Di tengah kondisi keluarga yang masih serba kekurangan.

Eh, ternyata Tole malah membuat ulah. Tak ada angin tak ada hujan, Tole langsung mengutarakan bahwa dirinya akan kawin lagi. “Dia bilang istri sirinya udah hamil. Saya kaget dan langsung ngamuk karena selama ini dia malah selingkuh saat saya susah dan serba kekurangan,” ungkapnya.

Ditelisik, alasan Tole berselingkuh lantaran memang ingin  memiliki anak lagi. Tak terima  dengan kelakuan suaminya, Minthul pun memilih menggugat cerai saja. (radar)