Browse By

Server Data Error, Pelayanan Kependudukan Lumpuh

Sejumlah warga mengantre di depan kantor Dispenduk Capil Kabupaten Probolinggo, kemarin. Mereka antre untuk mendapatkan pelayanan berkaitan dengan administrasi kependudukan.

DRINGU – Pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Probolinggo, lumpuh sejak Senin  (4/9) lalu. Masalah itu dipicu error-nya server data kependudukan milik kantor Dispenduk Capil.  Sehingga, seluruh pelayanan administrasi kependudukan belum bisa dilayani.

Loading...

Kepala Dispenduk Capil Kabupaten Proboilnggo Slamet Riyadi tidak menampik adanya kerusakan servernya. Pihaknya juga  sudah mendatangkan tim informasi teknologi (IT) untuk memperbaikinya. Tapi, sejauh ini   belum pulih karena penyebab error-nya belum diketahui.

“Server kami sedang rusak. Sehingga,  kami tidak bisa melayani perekaman kependudukan. Baik itu e-KTP, akta, ataupun permohonan surat kependudukan lainnya,”  ujarnya, kemarin. Slamet menjelaskan, server yang dimaksud itu merupakan  pusat data kependudukan Kabupaten Probolinggo.

Akibatnya, tidak hanya pelayanan kependudukan di Dispenduk Capil yang lumpuh. Tapi, juga di pemerintah kecamatan. Sebab, mereka  juga tidak bisa mengirim data  kependudukan ke Dispendik   Capil. Karena server itu tersambung ke semua kecamatan.

“Jika server ini rusak, kami tidak   bisa mengirim data ke pusat. Termasuk, dari kecamatan juga tidak bisa kami terima. Semoga perbaikan bisa segera selesai. Kami juga kebingungan untuk melakukan pelayanan maksimal. Terutama, pada   masyarakat yang membutuh kan pelayanan cepat untuk kependudukan dan catatan sipil di Kabupaten Probolinggo,” ujarnya. (radar)