Browse By

Tronton vs Truk Tangki, Jalan Macet

Truk tangki yang dikemudikan Sudar terguling setelah adu moncong dengan tronton.

NGULING – Arus lalu lintas jalur Pasuruan-Probolinggo, sore kemarin sempat merambat. Ini, lantaran terjadi kecelakaan antara tronton dan truk  tangki di Jalan Raya Nguling,  tepatnya di Sedarum. Insiden itu membuat kemacetan cukup  panjang di jalur pantura selama  kurang lebih satu jam.

Tidak ada korban jiwa dalam  insiden itu. Namun, kecelakaan ini membuat M. Subagio, 36, warga Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, harus dirujuk ke Puskesmas Nguling. Sopir truk tronton bernopol B 9141 KO  tersebut, mengalami luka patah tulang kaki kanan.

Informasi yang berhasil dihimpun Jawa Pos Radar Bromo,  peristiwa itu terjadi sekitar pukul  15.45. Saat itu, Subagio mengemudikan truk tronton bermuatan kayu gelondongan dari arah  barat ke timur dengan kecepatan sedang.

Loading...

Sesampainya di jalan raya Nguling, Desa Sedarum,  Kecamatan Nguling, Kabupaten  Pasuruan, ada sebuah motor yang melaju di depannya.  Ia pun sempat melambatkan laju truk yang dikemudikannya. Selang beberapa menit kemudian, setibanya di depan Jembatan Timbang Sedarum, ia  kembali mempercepat laju truknya dan berusaha menyalip motor dari arah kanan.

Nahas dari arah sebaliknya, datanglah sebuah truk tangki bernopol N 9636 UR yang dikemudikan oleh Sudar, 42, Desa  Jangur, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Pasuruan. Truk  tangki itu melaju kencang dari  arah berlawanan. Kedua truk lantas beradu moncong.

“Karena jarak terlalu dekat dan  kecepatan keduanya cukup tinggi, maka tabrakan pun tidak dapat terelakkan. Akibatnya, truk  tangki pun oleng di bahu jalan sebelah kanan,” kata Kanitlaka  Satlantas Polres Pasuruan Kota  Ipda Heri Purnomo.

Peristiwa ini pun memakan korban. Subagio harus dilarikan  ke Puskesmas Nguling. Sementara, Sudar dibawa ke Unit Laka untuk dimintai keterangan. Kecelakaan ini sempat menjadi tontonan warga. “Sementara, penyebab laka karena truk tronton mengambil  lajur terlalu dalam saat menyalip dari arah kanan,” terang Heri. (radar)