Browse By

Ingin Kawin Lagi, Stop Uang Belanja

Ilustrasi

 

REMBANG – Kelakuan Tole (nama samaran), 44, warga Rembang, Pasuruan tidak layak ditiru. Karena ngebet kawin lagi  dan tidak mendapatkan izin dari Minthul  (juga nama samaran), 41, istrinya, Tole malah memilih menyetop uang belanja.

Perlakuan itu adalah sinyal ancaman dari Tole, agar Minthul mengizinkan dirinya  kawin lagi. Geregetan dengan ulah suaminya, Minthulpun memilih menggugat cerai ke Pengadilan Agama (PA) Bangil.  Minthul mengatakan benar-benar  tak mengerti dengan alasan suaminya yang ingin menikah lagi. Padahal selama menikah hampir  20 tahun ini.

Minthul sudah semaksimal mungkin melayani kebutuhan suami bahkan dengan penghasilan yang pas-pasan.  “Saya sampai tanya kurang apa, apa pelayanan saya kurang sampai dia ingin kawin lagi,” ungkapnya. Minthul mengaku, pernikahannya dengan Tole memang dulu atas perjodohan orang tua.

Waktu itu Minthul memang tak punya pilihan selain dijodohkan dengan laki-laki pilihan orang  tua. Kendati Tole waktu itu bekerja sebagai buruh tani, namun Minthul tak pernah mengeluh dan  tetap menjalankan kewajibannya  sebagai seorang istri.  Sejak awal, susah senang sampai segala kekurangan suaminya  sudah diterimanya dengan ikhlas.

Loading...

“Sampai hidup susah terus, sering ngutang saya juga gak pernah ngeluh. Bahkan saya gak malu  ngutang ke tetangga yang penting anak bisa makan,” ungkapnya. Sebagai ibu rumah tangga, dikatakan memang hanya Tole pencari kerja dalam keluarga. Segala  pekerjaaan kasar sudah pernah  dilakukan Tole. Mulai buruh tani, kuli bangunan sampai pencari  rumput.

Namun lam bat laun, Tole  memang akhirnya bisa memiliki sawah sendiri dan akhirnya perlahan bisa hidup lebih layak. Sampai kehidupan mulai membaik, kata Minthul, Tole tak pernah  ada tanda-tanda selingkuh. Namun kekecewaan justru terjadi  setengah tahun yang lalu.

Awalnya  Tole memang langsung mengutarakan ingin menikah lagi. Dan  Tole meminta izin kepada Minthul  untuk merestui. Mendengar hal   tersebut, jelas Minthul langsung syok dan menolak keinginan suami tersebut.  “Saya ngamuk, dan bilang saya  kurang apa. Dia bilang gak kurang apa-apa tapi memang ingin menikah lagi saja,” ungkap Minthul.

Minthul mengaku terang-terangan menolak keinginan suaminya. Tak habis akal, suaminya malah menghukum istrinya dengan tak lagi memberikan uang  belanja. Dikatakan hal ini sudah  terjadi hingga 3 bulan dan mengakibatkan Minthul mati gaya  karena sampai harus hutang ke saudara untuk makan.

Kecewa dengan prilaku suaminya, Minthul pun akhirnya memilih minggat saja dari rumah dari  pada di madu. “Termasuk saya  nggak mau mengizinkan suami kawin lagi. Lebih baik cerai daripada di dholimi sama suami  sendiri seperti ini,” pungkasnya. (radar)