Browse By

Hanya Tantri-Timbul yang Jalani Tes

ILUSTRASI

Malik Absen karena Berada di Tanah Suci

KRAKSAAN – Tahapan penjaringan calon Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo dari PDIP memasuki tahapan selanjutnya. Bakal  calon yang telah mendaftar dalam penjaringan eksternal PDIP itu, kemarin menjalani  fit dan proper test di DPD PDIP Jatim. Namun,  satu bakal calon bupati, yakni Abdul Malik Haramain tak mengikuti tes.

Ketidakhadiran anggota DPR RI dalam tes kemarin karena masih  menjalani  ibadah haji di tanah suci. Malik menjalankan tugas pengawasan dari komisi VIII pada jamaah haji.  Bendahara DPC PKB Kabupaten Probolinggo, Usman Muhtadi mengatakan, pihaknya tidak mendapat pemberitahuan jauh hari sebelumnya, terkait jadwal fit  and proper test. Ia baru mendapatkan  pemberitahuan sekitar 5 hari lalu. Sementara, Malik sudah bertolak ke Makkah 24 Agustus lalu. 

“Akan layangkan surat ke DPC dan tembusan DPD PDIP. Isinya, permohonan maaf karena tidak hadir, berikut penjelasan mengenai alasan ketidakhadiran   dalam fit and proper test. Yakni, karena menjalankan tugas pengawasan komisi  VIII pada jamaah haji. Termasuk, permintaan penjadwalan ulang terkait tes tersebut,” terangnya.

Loading...

Dalam fit and proper test tersebut, hanya  Puput Tantriana Sari dan Timbul Prihanjoko yang mengikuti tes. Tantri– sapaan akrab  Puput Tantriana Sari–mencalonkan diri se bagai bakal calon bupati dari PDIP,   sementara Timbul Prihanjoko mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati.  

Ketua DPC PDIP Kabupaten Probolinggo  sekaligus bacawabup, Timbul Prihanjoko  mengatakan, dalam fit and proper test  kemarin, fokus pada prestasi dan pencapaian. Termasuk soal kinerja selama menjabat dan rencana ke depan. Soal program pemerintahan juga tak luput  dari tes kemarin.  

“Mekanismenya sama semua mengikuti  tahapan fit proper test. Selanjutnya masih ada fit proper test di DPP PDIP ditambah  tes psikolog dan test wawancara,” katanya  kepada Jawa Pos Radar Bromo kemarin. Adakah kesempatan muncul HATI jilid dua? Timbul mengatakan semua peluang  tetap terbuka.

“Semua masih proses. Peluang paling besar sejauh ini HATI jilid dua. Insyaallah,” terangnya. (radar)