Browse By

Pengerjaan Jembatan Wonolangan Dilembur

Sejumlah rangka besi yang disiapkan untuk cor jembatan baru Wonolangan. Sejauh ini pengerjaan jembatan baru itu baru 45 persen.

Kurang Empat Bulan, Progres Baru 45 Persen

DRINGU – Pengerjaan pembangunan jembatan baru Wonolangan, Kecamatan Dringu kini dikebut. Pelaksana proyek berpacu dengan waktu agar proyek itu  rampung dalam kurn kurang dari 4 bulan, sesuai target.

Dari informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, proyek jembatan yang digarap sejak April lalu itu sejauh ini baru 45 persen  progresnya. Pengerjaan fisik pembangunan jembatan tersebut sejauh ini baru pengerjaan  bagian bawah atau fondasi.

Yakni merampungkan pengeboran untuk mengukur kedalaman tanah sebagai fondasi. Dilanjutkan pemasangan 65 paku  bumi untuk dijadikan penyangga jembatan pun sudah selesai dilakukan. David Mulyanto, PPK Jalan Nasional wilayah Probolinggo-Situbondo mengatakan, perkembangan pembangunan kini masih  baru selesai pengeboran dan sudah  memasang paku bumi sebagai penyangga.  Termasuk sudah rampung membangun beton bagian bawah jembatan di sisi timur.

Loading...

”Sekarang masih tahap pengerjaan bagian bawah jembatan,” katanya kepada Jawa Pos Radar Bromo kemarin. David menjelaskan, pengerjaan jembatan itu sudah mulai dikebut dengan dilembur hingga malam hari. Mengingat, waktu   yang tersisa untuk pengerjaan jembatan baru itu sekitar 4 bulan.  Sedangkan, saat ini pencapaian realisasi  pengerjaan baru sekitar 45 persen.

”Batas waktu pengerjaan jembatan itu adalah 25 Desember. Jadi sekarang waktu pembangunan tinggal sekitar 4 bulan. Kalau tidak dilembur dan dikebut, khawatir  tidak selesai tepat waktu,” terangnya. David menjelaskan, tahapan paling berat  untuk pembangunan jembatan itu adalah  pengerjaan bagian bawah jembatan.

“Beton  bagian bawah jembatan yang sudah digarap di sisi timur, harus didinginkan. Karena kalau sampai kepanasan, bisa retak. Jadi, harus  disiram tiap saat beton itu,” terangnya. David menjelaskan, pembangunan jembatan Wonolangan Dringu cukup  menguras tenaga karena termasuk  pembangunan jembatan baru. Yakni  membangun kontruksi jembatan baru  di sisi utara jembatan lama.

Panjang jembatan lama berkisar 30 meter dengan  lebar hanya berkisar 7 meter.  Nantinya, jembatan baru itu dibangun  dengan panjang total berkisar mencapai   90 meter dengan lebar berkisar 15 meter. Sehingga diperkirakan bentuk jembatan  baru nanti dua kali lebih besar dibanding  jembatan lama.

”Kami terus minta para rekanan untuk  kebut pengerjaan pembangunan jembatan  itu. Supaya bisa selesai tepat waktu,”  harapnya. (radar)