Browse By

Hitungan Detik, Motor Staf MUI Raib

Pencuri motor milik Eko terekam CCTV di GIC Kraksaan, kamarin. Terlihat pelaku saat mengawasi area parkir, merusak stop kunci, dan membawa kabur motor korban.

KRAKSAAN – Pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di  wilayah hukum Polsek Kraksaan, Polres Probolinggo, kembali  terjadi. Kemarin (29/8), giliran  sepeda motor milik staf Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo Eko Susanto,  28, raib digondol maling.

Aksi pencuri ini tergolong berani. Sebab, motor korban sudah diparkir di Gedung Islamic Center (GIC) Kraksaan. Dimana, di lokasi ini  juga banyak terpasang closed circuit  television (CCTV). Karenanya, aksi pelaku yang berpakaian rapi ini juga terekam CCTV.

Dari hasil rekaman kamera  pengintai itu, ketahui pelaku mulai beraksi sejak sekitar pukul 11.28.56  WIB. Saat itu, pelaku yang mengenakan celana jin biru dan baju biru lengan pendek itu mulai mengawasi sekitar lokasi kejadian.

Dari rekaman itu, terlihat pelaku  beraksi seorang diri. Awalnya, pelaku keluar masuk GIC lantai dasar. Dengan menggunakan topi dan masker, pelaku awalnya hendak mencuri sepeda motor sisi barat milik Muzammil. Tapi, diduga karena kesulitan, pelaku batal dan kembali masuk ruangan GIC.

Loading...

Tak lama kemudian,   pelaku keluar dan langsung merusak rumah kunci sepeda motor Eko  menggunakan kunci T.  Aksi itu, terekam sekitar pukul 11.29.03 WIB. Sekitar pukul 11.29.16 WIB, pelaku berhasil membawa kabur sepeda motor  korban melalui pintu parkiran GIC sisi timur.

Tak hanya sepeda  motor Honda Supra 125 itu yang dibawa kabur. Helm hitam milik  korban yang ditaruh di sepeda motor itu juga digondol. Eko mengaku, dirinya datang  ke kantor MUI sekitar pukul 09.00 WIB. seperti biasa, sepeda motornya  yang bernopol N 6581 QT, diparkir  di tempat parkir bagian tengah gedung dengan posisi sudah  dikunci setir.

Sekitar pukul 12.30  WIB, warga Desa Jatiurip, Kecamatan Krejengan, ini hendak  keluar membeli sesuatu. Saat itulah, Eko terkejut melihat sepeda motornya raib. Awalnya,  dirinya mengira sepeda motornya  ada yang menyembunyikan. Tapi,  setelah melihat rekaman CCTV,  ternyata motornya dicuri maling.

“Sepeda motor saya sudah saya kunci setir. Setelah tahu pasti sepeda  motor saya dicuri, saya langsung laporan ke Polsek,” ujarnya. Sementara itu, Kapolsek Kraksaan  Kompol Budi Harianto belum  bersedia memberikan keterangan  banyak. Melalui sambungan  selularnya tadi malam, polisi  dengan satu melati dipundaknya ini mengaku masih sibuk.

Belakangan ini, sering terjadi pencurian sepeda motor di wilayah hukum Polsek Kraksaan. Anehnya, pencurian itu terjadi setiap Selasa.  Selasa (22/8) lalu, sekitar pukul15.00 WIB, milik pelajar di SMKN 1 Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, DP, 16, raib.

Saat itu, DP memarkir sepeda motornya di depan sebuah  toko sandal di Jalan Panglima  Sudirman, Kota Kraksaan. Kabag Umum Pemkab Probolinggo  Hudan Syarifudin mengaku,  pihaknya sudah berupaya membenahi sistem keamanan di  GIC. Salah satunya dengan  menyiapkan tempat parkir khusus di sisi barat dengan dkelilingi pagar besi.

“Di Gedung Islamic memang tidak dapat jatah petugas Satpol PP. Karena itu, kami siapkan tempat parkir khusus yang dikeliling pagar besi. Kami berharap, semua sepeda  motor dimasukkan ke dalam tempat parkir pagar besi itu supaya pengawasannya lebih mudah,” ujarnya. (radar)