Browse By

Muka Nyonyor Usai Nyolong Motor

AA (posisi membelakangi) dan motor yang digunakannya saat beraksi mencuri di Desa Kebotohan diamankan petugas.

KRATON – Pencurian sepeda motor milik petani, kembali   terjadi. Kali ini terjadi di area persawahan Desa Kebotohan,  Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Minggu (27/8) siang lalu. Sebuah motor pun amblas dibawa kabur oleh pelaku.

Sedangkan seorang pelaku lain tak dapat menghindari dari kepungan massa yang menyerbu.  Warga yang marah akhirnya  menghadiahi bogem mentah ke pelaku hingga babak belur.  Informasi yang dihimpun Jawa  Pos Radar Bromo, seorang petani bernama Hasma’i, 54, warga Dusun Kebotohan Utara,   Desa Kebotohan, Kecamatan Kraton, tengah berangkat ke sawah menggunakan motor  Suzuki Smash.

Nah, sesampainya di area persawahan desa setempat, Hasma’i memarkir  motornya di tepi jalan. Ia lantas berjalan kaki menyusuri jalan setapak menuju sawahnya. Sialnya, motor yang ditinggalkannya itu justru mengundang  hasrat pelaku kejahatan.

Menurut  keterangan saksi, pelaku berjumlah dua orang mengendarai motor Honda Supra X. Yakni AA, 17, pemuda asal Dusun Sidowayah, Desa Lorokan, Kecamatan Kejayan.  Sesampainya di lokasi, dua orang pelaku membagi peranan.

Loading...

Pelaku AA bertugas untuk menjaga situasi sekitar. Sedangkan seorang pelaku lain yang semula dibonceng, turun dari  motor untuk mengeksekusi motor korban.  “Setelah berhasil menghidupkan mesin motor, pelaku langsung membawa kabur ke arah  timur. Begitupun dengan tersangka AA, berusaha kabur  dengan motor milikinya. Tapi, upayanya gagal lantaran motor sulit dihidupkan,” kata AKP Masroni, kapolsek Kraton.

Deru suara motor yang melaju dengan kencang kemudian terdengar oleh Hasma’i yang berada  di sawah. Ia berlari sembari meneriaki maling. Tak ayal, sejumlah  warga pun berkumpul. Sialnya,  tersangka AA yang harus menjadi  amuk massa lantaran gagal menghidupkan mesin motornya.

Warga yang marah lantas mengerumuni tersangka AA. Tak hanya itu, motor Supra X miliknya juga menjadi sasaran amuk massa. Motor berwarna hitam itu pun dirusak massa yang marah.  Beruntung, amuk massa berhasil ditengahi oleh petugas Unit Reskrim Polsek Kraton yang datang  ke TKP.

Polisi langsung menggelandang pelaku ke Mako Polsek Kraton untuk diperiksa lebih lanjut. Motornya yang telah rusak pun juga diamankan guna dijadikan  sebagai barang bukti.  “Saat ini kasus kami limpahkan ke Unit PPA Satreskrim Polres Pasuruan Kota, karena tersangka masih di bawah umur. Sedangkan untuk pelaku yang berhasil kabur sedang  dalam  penyelidikan, kami sudah mengantongi identitasnya,” tandas Masroni. (radar)