Browse By

Realisasi Tanam Tembakau Rendah

Salah seorang petani melintas di lahan yang ditanami tembakau di Kabupaten Probolinggo. Tahun ini realisasi tanam tembakau di Kabupaten Probolinggo jauh dari rencana.

Dinas Pertanian Bersyukur

KRAKSAAN – Sebelumnya  Pemkab Probolinggo merencanakan luas areal tanam tembakau tahun ini mencapai sekitar 10.774 hektare. Namun, ternyata realisasi tanam tembakau hanya sekitar 7.883 hektare atau 73,17 persen  dari rencana luas areal tanam.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari mengatakan, realisasi tanam tembakau tahun ini jauh di bawah rencana  luas areal tanam. “Realisasi luas areal tanam tembakau tahun ini sekitar 7.883 hektare. Jadi, sekitar  73,17 persen dari rencana luas areal tanam,” ujarnya.

Hasyim mengatakan, realiasi tanam tembakau kurang dari rencana itu memang diharapkan sejak awal. Sebab, semakin rendah realisasinya, harapannya harga tembakau akan semakin mahal. Selain itu, ada kegiatan dari Dinas Pertanian berupa substitusi tanaman tembakau. Artinya, pihaknya memberikan bantuan bibit padi, jagung, dan  bawang merah.

Loading...

“Alhamdulillah,  kalau realisasi rendah. Karena dengan  begitu dapat mendongkrak harga  jual tembakau itu,” ujarnya.  Sedangkan, Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Probolinggo Mudzakir mengatakan, realisasi tanam tembakau tahun ini rendah karena banyak faktor. Mulai dari rendahnya harga   tembakau tahun kemarin dan membuat petani tak tertarik  menanam, faktor cuaca, dan hama   kerker.

“Tahun kemarin harga tembakau di gudang tertinggi Rp 36  ribu dan di tingkat petani paling  tinggi Rp 34 ribu. Tapi, tahun kemarin kebanyakan harga tembakau di  bawah Rp 30 ribu,” ujarnya.  Sejak sepekan kemarin, menurut Mudzakir, empat gudang tem bakau sudah mulai buka dan membeli  tembakau para petani.

Sejauh ini, harga tembakau tertinggi tembus  Rp 33 ribu. Menurutnya, di awal  buka gudang, harga Rp 33 ribu itu  sudah termasuk tinggi. “Kondisi  kualitas tembakau saat ini bagus.  Cuma ada yang rusak karena penyakit kerker. Jadi, produktivitas  menurun karena kerker. Tapi,  kualitasnya bagus. Jadi, yang rugi  itu petani yang tembakaunya kerker,”  ujarnya. (radar)

Incoming search terms:

  • download bokep anak kecil borewa com