Browse By

Suci Sri Kusmiyati, TKW yang Disiram Cairan Kimia Belum Bisa Dipulangkan

Suci saat pertama kali dibawa ke rumah sakit usai disiram cairan kimia. Sampai kini dia masih butuh alat bantu pernafasan.

PASURUAN – Sebulan lebih  insiden penyiraman air keras yang dialami oleh Suci Sri Kusmiyati, 26, warga Desa Kedawung Wetan, Kecamatan Grati, Kabupaten   Pasuruan. Perempuan yang bekerja sebagai TKW di Selangor,  Malaysia, itu hingga kini belum  juga dapat kembali ke pelukan  keluarga.

Sebab, kondisinya masih  membutuhkan perawatan intensif di RS Tengku Ampuan Rahimah Klang, Selangor, Malaysia. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pasuruan Agus Hernawan mengatakan,  bahwa pihaknya memang tengah berupaya untuk mengurus proses pemulangan Suci. Itu, dilakukan  beberapa waktu pasca kabar  mengenai Suci mencuat.

“Dia (Suci) masih dalam proses pemulihan karena luka bakarnya   cukup parah. Tidak bisa bernapas dari hidung, sehingga dibuatkan  saluran pernapasan melalui  leher,” ungkap Agus.  Ditambahkannya, lantaran Suci masih menjalani proses pemulihan itu pula, sehingga pihak   rumah sakit belum memberikan izin terkait dengan proses pemulangannya ke tanah air. Agus   tak dapat memastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam proses pemulihan tersebut.

“Yang jelas, dia bisa dipulangkan setelah mendapatkan izin dari pihak rumah sakit,” imbuhnya.  Agus membenarkan bahwa keberangkatan Suci sebagai TKW untuk bekerja di pabrik tekstil di Selangor, Malaysia, itu memang  ilegal.

Loading...

“Meski begitu, sudah menjadi kewajiban pemerintah  untuk melindungi warga negara yang ada di luar negeri. Terlebih  saat terkena musibah seperti ini,”  jelasnya.  Lebih lanjut, Agus juga menguraikan bahwa sejauh ini pihaknya telah menerima informasi terkait  proses hukum atas penyiraman  air keras terhadap Suci.

Di sebutkannya pula, bahwa informasi terakhir mengemukakan tertangkapnya tersangka pelaku penyiraman air keras terhadap Suci.  “Informasi yang kami terima memang pelakunya sudah diamankan pihak kepolisian Malaysia. Dan, saat ini proses hukum  tengah berjalan,” tandas Agus.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Suci mendapat siraman  air keras pada bagian wajahnya,  Minggu (16/7) silam. Itu, terjadi di  pabrik tekstil tempatnya bekerja.  Hal itu terjadi lantaran Suci menolak  cinta pria yang lalu menyiramnya dengan air keras itu. (radar)