Browse By

92 Napi Rutan Bangil Dapat Remisi, Tiga di Antaranya Langsung Bebas

BANGIL – Puluhan warga binaan Rutan Bangil bakal mendapat kado istimewa saat hari kemerdekaan tiba. Di hari peringatan Kemerdekaan RI yang ke 72, 92 warga binaan itu akan mendapatkan potongan masa penahanan.

Besaran potongan masa tahanan atau remisi yang didapatkan bervariasi. Ada yang satu bulan, dua bulan hingga empat bulan. Bahkan, ada pula diantaranya yang bisa langsung menghirup udara bebas.

Kepala Rutan Bangil, Wahyu Indarto mengutarakan, jumlah narapidana di Rutan kelas II B yang mendapat remisi umum tahun 2017 sebanyak 92 orang. Jumlah itu terbagi Remisi Umum (RU) I sebanyak 89 orang. Sementara sisanya merupakan RU II atau langsung bebas, sebanyak tiga orang.

Loading...

Ia menambahkan, besaran RU I yang didapatkan bervariasi. Antara satu bulan, hingga empat bulan.

“Rinciannya, 73 orang mendapatkan remisi satu bulan; sembilan orang mendapatkan remisi dua bulan; enam orang mendapatkan remisi tiga bulan dan satu orang mendapatkan remisi empat bulan. Total ada 92 orang yang mendapat remisi. Di mana, tiga diantaranya langsung bebas,” ungkap Wahyu saat dikonfirmasi, Rabu (16/8).

Remisi itu sendiri, diberikan kepada sejumlah wargabinaan dengan latar belakang berbagai kasus. Dominan, yang mendapatkan remisi, narapidana kasus pencurian. Tercatat, ada 26 orang yang mendapatkan remisi pada HUT RI ke 72 tahun tersebut.

Disusul kemudian, kasus-kasus lainnya. Seperti penyalahgunaan narkoba, pencurian dengan kekerasan, obat-obatan terlarang dan berbagai kasus lainnya. “Bahkan, ada pula narapidana kasus korupsi yang mendapatkan remisi selama satu bulan,” sampainya.

Napi yang kasus korupsi yang mendapatkan remisi itu, diketahui bernama Subandi, manajer di sebuah BUMN. Meski tak dirincikan, Subandi telah divonis bersalah dan dihukum 1 tahun 4 bulan.

Rencananya, pemberian remisi itu bakal dilangsungkan Kami (17/8). Tepat, saat HUT RI ke 72 tahun. (radar)