Browse By

Hindari Motor, Truk Muat Asbes Terguling

Arus lalu lintas di jalan raya Kraton harus tersendat setelah sebuah truk mengalami kecelakaan dini hari kemarin.

KRATON – Nasib apes dialami Lasmianto, 30, warga Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. Truk Nissan diesel nopol L 700 TI yang dikemudikannya terguling saat melintas di jalan raya Kraton, Desa Bendungan, Kecamatan Kraton, kemarin (15/8). Diduga, saat itu Lasmianto me- ngantuk dan kaget ketika ada sebuah motor yang menyalip  laju kendaraannya.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 02.30. Saat itu, Lasmianto  sedang mengemudikan truk  muat bahan asbes menuju Probolinggo. Sesampainya di tempat kejadian perkara (TKP) yang  tengah diperbaiki, kendaraannya  terlibat macet.

Menurut pengakuannya, saat  itu muncul sebuah motor yang tiba-tiba menyalip dari lajur kanan ke kiri. Karena kaget, ia lantas membanting kemudinya ke  arah kiri untuk menghindari tabrakan dengan motor tersebut.  Meski berhasil menghindari  motor tersebut, Lasmianto malah menghantam penerangan  jalan umum (PJU) dan median   jalan. Akibatnya, truk dieselnya pun terguling.

“Saya mencoba  menghindar dari motor yang  tiba-tiba memotong jalur. Malah,  saya menghantam median jalan,”  katanya.  Kecelakaan tunggal ini sempat  mengakibatkan kemacetan panjang. Dari arah barat, kemacaten  terlihat mulai Desa Blawi, Kecamatan Bangil sampai Desa Bendungan, Kecamatan Kraton.

Loading...

Sementara di timur, kemacetan terjadi mulai Desa Bendungan sampai Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo.  Sementara itu, Kanit Laka Satlantas Polres Pasuruan Kota  Ipda Heri Purnomo memberikan keterangan yang berbeda dengan pengemudi truk.

Kecelakaan  itu terjadi diduga karena pengemudi truk mengantuk. Hingga kemudian truk terguling, setelah sebelumnya menghantam PJU  dan median jalan.  “Diduga kecelakaan tunggal ini karena pengemudi mengalami kelelahan dan mengantuk sehingga menabrak median jalan,” terangnya.

Beruntung tidak  ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Karena itu, ia berencana memberlakukan jalur alternatif. “Ini  menjadi catatan tersendiri bagi Satlantas. Ke depannya, kami  akan memberlakukan jalur alternatif untuk menghindari kemacetan serupa,” imbuhnya.

Jalur alternatifnya adalah, pengemudi dari arah kota diarahkan melewati Warungdowo, lantas belok kanan di pertigaan Sidogiri. Kendaraan kemudian diarahkan ke Rembang dan belok  kanan ke arah Bangil. (radar)