Browse By

Sering Bikin Macet, PKL dr Soetomo akan Direlokasi

Para PKL mangkal di sepanjang trotoar Jalan dr. Soetomo.Rencananya, para PKL akan dipindah ke Gor Ahmad Yani.

MAYANGAN – Pemkot Probolinggo berencana merelokasi PKL di Jalan dr. Soetomo. Penyebabnya, karena Jalan dr Soetomo sering sekali macet.  Gatot Wahyudi, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo  menjelaskan, selama ini Jalan dr. Soetomo  sering macet. Macet terjadi terutama  karena banyak warga yang memarkir  kendaraan di pinggir jalan, saat berkunjung ke PKL di sepanjang Jalan dr. Soetomo.

“Para PKL memang berjualan di trotoar. Namun, para pembeli atau pengunjung  kan banyak yang bawa kendaraan. Nah,  kendaraan ini biasanya diparkir di pinggir-pinggir jalan. Ini, yang membuat macet,” tuturnya. Menurut Gatot, relokasi rencananya akan dilakukan pada PKL yang ada di dua sisi  Jalan dr. Soetomo. Total, jumlahnya ada  sekitar 70 PKL.

Namun, rencana relokasi  yang awalnya dilakukan pada 2017, baru   akan dilaksanakan pada 2018. Gatot menyebut, para PKL ini akan  dipindah ke GOR Ahmad Yani. Bagaimana teknis pemindahannya, menurutnya  sedang dirancang dalam DED yang saat   ini diperbarui.

“Rencananya, para PKL akan dipindah  ke GOR Ahmad Yani. Namun, kami belum   tahu, apakah nanti akan dibuat bedak baru untuk menampung semua PKL.  Ataukah PKL menempati bedak-bedak   yang ada. Ini, akan ditata ulang pada DED yang baru,” ujarnya.

Loading...

Di sisi lain, menurut Gatot, rencana  relokasi PKL ini bukan hal yang mudah. Pasti menimbulkan pro dan kontra di  kalangan PKL.  “Apalagi PKL sudah menempati trotoar itu sejak tujuh tahun lalu. Pasti akan ada pro-kontra dengan rencana pemindahan  ini,” ujarnya.

Namun, dia memastikan, Pemkot tidak  akan tinggal diam. Relokasi tidak akan  dilakukan dengan terburu-buru. Terutama,  karena ada kekhawatiran sepinya GOR   Ahmad Yani. “Kami pastikan GOR Ahmad Yani itu ramai dikunjungi warga. Pemkot  tidak akan lepas tangan dengan kondisi  di sana,” ujarnya. (radar)