Browse By

Diperbaiki, JLU Ditutup Total

Dishub Pemprov Jatim dan BBPJN V memutuskan menutup JLU agar perbaikan jalan lebih maksimal.

MAYANGAN – Perbaikan Jalur Lingkar Utara (JLU) di Kelurahan Mayangan, hingga Kelurahan Mangunharjo, di Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, mulai dilakukan. Perbaikan itu membuat JLU harus ditutup total.

Kepala Pengawas Teknis PT Ayem Mulyo Suharto mengatakan, saat ini proses pengerjaan baru pemasangan gutter atau talang air. Pemasangan gutter ini bertujuan untuk menampung air yang mengendap di jalan. Dengan dipasangnya gutter, maka jalan dapat bertahan lama.

“Sebelumnya, di titik-titik itu banyak terdapat endapan air jika hujan. Tentunya, hal itu dapat merusak jalan. Oleh sebab itu, dibangun gutter untuk penampungan sementara,” bebernya.

Adapun 10 titik di 4 segmen yang nantinya akan dipasang gutter. Di segmen 5, berada di KM 100+247-100+422 sepanjang 175 meter; segmen 6, berada di KM 101+449-101+464 sepanjang 15 meter; segmen 7 berada di KM 101+742-1-1+845 sepanjang 103 meter; dan segmen 8 berada di KM 102+000-102+028 sepanjang 28 meter.

Loading...

Pihaknya menegaskan, perbaikan JLU sepanjang 1.551 meter dengan tebal 30 sentimeter itu diperkirakan rampung pertengahan Desember mendatang. Sementara waktu, JLU akan ditutup total. Hal itu dilakukan agar perbaikan jalan lebih maksimal.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo Sumadi membenarkan penutupan total di jalan tersebut. “Dari BBPJN memberikan tembusan ke Polresta. Rambu-rambu dari Dishub. Kemudian, Polresta bekerja sama dengan Dishub dalam hal pengaturan pengalihan arus serta pemberian rambu,” terangnya.

Untuk pengalihan arus, kendaraan yang melaju dari arah barat atau Jalan Soekarno-Hatta, tetap dibolehkan belok ke Jalan Anggrek, Pilang. Kendaraan baru dialihkan ketika berada di persimpangan Mayangan dekat Pasar Kronong. Jika sebelumnya ke timur, kini dibelokkan ke selatan.

Sedangkan kendaraan dari arah timur, kendaraan tidak boleh belok ke JLU, melainkan ke selatan di Jalan KH. Hasan Genggong hingga ke Jalur Lingkar Selatan (JLS). Ia berharap, perbaikan tersebut segera rampung. Sehingga, arus lalin di JLU kembali lancar. (radar)