Browse By

Tahun Ini Rehab Lima Pasar

5 pasar dapat dana rehab

Pasar Wangkal Mulai Digarap

GADING – Tahun ini Pemkab  Probolinggo mengalokasikan dana untuk memperbaiki dan memelihara lima pasar daerah. Salah satunya, Pasar Wangkal, Kecamatan Gading, yang menjadi prioritas pembangunan pasar tradisional di Kabupaten Probolinggo.

Khusus pasar daerah ini mendapatkan anggaran dari dana alokasi khusus (DAK) sekitar Rp  2,97 miliar. Dana ini akan di gunakan untuk merehab total bangunan pasar bagian depan. Dari  pantauan Jawa Pos Radar Bromo, perbaikan pasar ini sudah mulai digarap sejak bulan lalu.

Karenanya, untuk sementara puluhan pedagang yang biasa berjualan di pasar ini direlokasi  ke Lapangan Gading, di sisi barat  pasar. Di sana, mereka memanfaatkan bedak darurat untuk  berjualan sampai pembangunan pasar ini rampung.

Loading...

Kasi Pembangunan dan Pengelolaan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo Taufiq mengatakan, revitalisasi pasar dilakukan bertujuan mengubah   mindset sekaligus menarik animo  masyarakat untuk berbelanja dipasar tradisional. Karenanya, setiap tahun pihaknya mengalokasikan dana untuk merevitalisasi pasar tradisional.

“Tahun ini ada lima pasar yang mendapatkan alokasi rehab. Dua pasar rehab besar (Pasar Wangkal  dan Pasar Tiris). Satu pasar lagi rehab kecil (Pasar Muneng) dan dua pasar pemeliharaan (Pasar Leces dan Pasar Banyuanyar),” ujarnya, kemarin.

Menurut Taufiq, bagian depan Pasar Wangkal direhab total. Bangunan satu lantai itu akan dibentuk sekitar70 kios. Puluhan  kios ini akan diprioritaskan kepada sekitar 70 pedagang yang selama  ini berjualan di sana. “Nanti akan  dibangun kios-kios berukuran 3 meter kali 3 meter. Nah, 70  pedagang itu akan dipriori taskan  untuk menempati kios-kios baru  itu,” ujarnya. (radar)