Browse By

Diperbaiki Mei, Jalan Brantas Kembali Rusak

Setelah rusak dan diperbaiki pada Mei lalu, kini aspal di Jalan Brantas kembali pecah atau retak.

KADEMANGAN – Hotmix Jalan  Brantas di Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, kembali rusak. Padahal, ruas jalan ini baru di perbaiki pada akhir Mei lalu. Menurut pantauan koran ini, aspal jalan di beberapa titik mulai rusak.

Ada yang pecah atau retak,  ada yang bergelombang. Para pengendara yang melewati ruas jalan  itu pun harus berhati-hati untuk menghindari retakan jalan. Kerusakan jalan bahkan mulai  terjadi saat awal masuk simpang empat Pilang.

Pada pertengahan Mei lalu, aspal ruas jalan ini juga  retak. Kemudian, diperbaiki  dengan tambal sulam. Namun,  kini jalan kembali rusak. Dwi Putranto, sekretaris Dinas  Pekerjaan Umum dan Tata Ruang  Kota Probolinggo mengatakan, kerusakan di Jalan Brantas memang terus terjadi. Meskipun telah diperbaiki beberapa kali, aspal selalu mengelupas dan  retak.

“Sudah lama begitu. Meskipun telah diperbaiki, nanti pecah lagi seperti itu,” terangnya. Karena itu, perbaikan Jalan  Brantas menurutnya akan percuma jika hanya ditambal sulam. Sebab, aspal akan pecah lagi,  seperti sebelumnya.  Pelaksana proyek, menurutnya, harus melubangi dulu jalan tersebut. Baru kemudian ditambal.

Loading...

“Kalau hanya di-hotmix   dan tidak diperbaiki bawahnya, akan kembali lagi seperti itu.  Seharusnya dipecah dulu atau dasarnya diangkat, baru diisi,” ungkapnya. Pihaknya sendiri akan mengomunikasikan kerusakan itu  pada Kabid Binamarga. Harapannya, ada perbaikan ulang.  Sehingga, jalan tersebut akan jauh   lebih baik.

“Nanti akan kami komunikasikan  lagi. Tapi, aturannya selama enam  bulan masih dalam tanggung jawab pemborong. Apakah ini masih jadi tanggung jawab pemborong, akan kami komunikasikan,” tuturnya. (radar)