Browse By

Pohon Tumbang Hantam Pemotor

Pohon Sono di Jalan Raya Dringu, tumbang karena embusan angin gending. Pohon menimpa seorang pengendara motor. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Angin Gending Mulai Makan Korban

DRINGU – Angin Gending yang  berhembus di Probolinggo sejak sekitar sebulan lalu, mulai makan korban. Kemarin (2/8), sebuah pohon  Angsana (Sono) setinggi 7 meter tumbang, diterpa angin Gending. Pohon lantas menimpa pengendara motor yang sedang melintas.

Peristiwa itu terjadi di jalan raya  Dringu, Kedungdalem, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, pukul   12.30. Tepatnya, sekitar 15 meter   sebelah timur jembatan Wonolangan  yang sedang diperbaiki. Pohon menimpa sepeda motor Suzuki Smash  warna merah yang di kendarai Rahmatullah, 38, warga Desa/Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo.

Saputro, 28, warga setempat yang  juga saksi kejadian menceritakan, kemarin angin gending berhembus lebih kencang dari biasanya. Termasuk di Dringu. Akibatnya, sebuah pohon Sono di  selatan jalan, tiba-tiba tumbang kena  hembusan angin.

Loading...

Pohon dengan diameter sekitar 75 sentimeter itu tumbang ke utara, menutup badan jalan.  Saat itulah korban Rahmatullah melintas dari timur ke barat. Apes,  pohon jatuh tepat ke motor korban.  Untung saja, hanya terkena bagian depannya (totok lampu depan).  Sementara korban selamat.

“Waktu itu warga sekitar dan beberapa pengendara langsung menolong korban. Pohon Sono yang tumbang juga langsung  diangkat ke tepi jalan,” tuturnya.  Kecelakaan itu membuat jalan raya  setempat sempat macet 15 menit. Namun, kemudian kembali lancar.

Beruntung, saat itu melintas truk DLH Kabupaten Probolinggo yang  bertugas memangkas pohon. Sekitar lima petugas di truk langsung turun  dan ikut mengevakuasi pohon. Pohon lantas dipotong-potong jadi beberapa bagian dan diangkut truk.

Nemo, 35, salah satu petugas menyebut, kejadian itu merupakan bencana alam  ringan. Diduga pohon tumbang selain  akibat angin, akarnya juga keropos. DLH sendiri, menurutnya, rutin memangkas pohon yang rawan tumbang  di kabupaten.

“Untuk jalan raya Dringu ini, memang tugas kami. Makanya, kami langsung memotong pohon yang tumbang ini sekaligus membersihkan  jalan,” imbuhnya. (radar)