Browse By

BNPB Perbaiki Jalan Menuju Umbulan

Ruas jalan menuju umbulan di Desa Sidepan mulai dilakukan perbaikan. rencananya, proyek miliaran rupiah itu ditarget rampung November.

WINONGAN – Jalan menuju sumber mata air Umbulan mendapat perhatian dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Perbaikan jalan rusak di ruas jalan tersebut oleh BNPB, karena kerusakannya dianggap akibat bencana. Yakni, disebabkan genangan air pascahujan.

Tak tanggung-tanggung, anggaran perbaikan ruas jalan itu dialokasikan sebesar Rp 3,8 miliar. Proses perbaikan jalan sendiri mulai dikerjakan pertengahan Juli lalu dan ditarget selesai  November mendatang. Kepala Badan Penanggulangan  Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan Bakti Jati Permana mengatakan, perbaikan   jalan dari dana BNPB memang masih dikhususkan untuk jalan menuju Umbulan. Perbaikan  hanya dilakukan di Desa Lebak  dan Desa Sidepan, Kecamatan Winongan.

“Perbaikan jalan ini masuk  dana bencana yang dananya  dari BNPB pusat. Untuk perbaikan jalan tahun ini, memang untuk 2 desa yang merupakan jalur menuju Umbulan,” ungkapnya. Perbaikan dilakukan untuk kerusakan jalan sepanjang  satu kilometer.

Bakti–sapaan akrabnya–mengatakan, nantinya jalan yang rusak akan diberbaiki dengan cara dicor, sehingga jalan bisa  lebih awet. Agar tidak menganggu akses jalan masyarakat  maupun kegiatan proyek, nantinya pengerjaan akan dilakukan  bertahap.

Loading...

Satu jalur diperbaiki, jalur lainnya untuk lalu lintas kendaraan. Alianto, 60, warga Desa Umbulan membenarkan adanya perbaikan jalan menuju Umbulan. “Sudah dilakukan seminggu lalu. Tapi, masih berupa  batu-batu kecil di jalan-jalan  berlubang,” ungkapnya.

Harapannya, perbaikan jalan  bisa segera selesai. Lantaran,  perbaikan jalan itu juga berdampak pada lalu lintas kendaraan. Selain hanya bisa menggunakan  satu jalur, pengendara juga terganggu dengan debu yang berterbangan. “Kalau bisa secepatnya diperbaiki. Agar aktivitas  warga di sini bisa nyaman, tidak  terganggu jalan yang rusak,” pintanya. (radar)