Browse By

Jalur Pendakian Arjuno-Welirang Kembali Dibuka

Puncak Welirang saat difoto dari kejauhan, beberapa waktu lalu. Saat ini, kebakaran hutan di wilayah setempat sudah berhasil dipadamkan. Jalur pendakian pun kembali dibuka.

PRIGEN – Usai ditutup selama  sepekan imbas kebakaran di  kawasan Gunung Welirang, saat ini jalur pendakian di kawasan Tahura R Soerdjo kembali dibuka. Hal itu setelah kawasan pendakian dinilai sudah aman  untuk dilintasi.

Jalur pendakian itu dibuka melalui pos izin pendakian Tretes dan Jatiarjo, Prigen; Tambakwatu, Purwodadi dan Sumber   Brantas, Kota Batu.  Kepastian itu diungkapkan Iwan Harwianto, koordinator lapangan  UPT Tahura R. Soerdjo seksi  Malang wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Jalur pendakian ditutup selama 5 hari. Mulai 25-30 Juli.  Nah, sejak Senin (31/7) pagi, sudah mulai dibuka kembali,”  jelasnya. Dibukannya kembali jalur pendakian itu, dengan sejumlah pertimbangan. Salah satunya, kawasan hutan di Gunung Welirang kini dianggap sudah aman  dari kebakaran. Di kawasan puncak pun disebutkan sudah sering   turun hujan.

“Pengamatan langsung di lapangan sudah kami lakukan.  Termasuk berkoordinasi dengan  BMKG Tretes. Lantaran dianggap sudah aman, jalur pendakian layak untuk dilalui,” jelasnya. Jika kemudian terjadi kembali kebakaran hutan di wilayah Tahura R. Soerdjo, jalur pendakian bisa kembali ditutup.

Loading...

“Buka dan tutupnya jalur pendakian itu tergantung situasi serta kondisi di lapangan,” jelas Iwan. Diketahui, pekan lalu api sempat mengamuk di kawasan lereng Welirang. Sedikitnya lahan sekitar 70 hektare hangus dilalap api. Lahan yang hangus itu di antaranya semak belukar, ilalang, dan cemara. (radar)