Browse By

Blaarr!! Terduga Maling Sapi Tewas

Dikin dievakuasi warga menggunakan pikap setelah ditemukan tewas dengan luka parah di wajahnya.

Terdengar Bunyi Ledakan 5 Kali

GRATI – Suasana pencarian sapi milik Karjoto, 50, warga Desa Cukurguling, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, yang hilang dini hari kemarin (31/7), menghebohkan warga. Pasalnya, ketika pencarian memasuki hutan jati di Desa Rebalas, Kecamatan Grati, terdengar bunyi ledakan 5 kali.

Setelah ditelusuri, warga makin  kaget melihat seorang pria yang  tewas dengan wajah hancur.  Informasi yang dihimpun Jawa  Pos Radar Bromo, malam sekitar  pukul 00.00, seperti biasa Karjoto memeriksa kandang  sapi yang tak jauh di belakang rumahnya.  Hal itu rutin  dilakukannya saat malam hari.

“Pukul 12 malam saya periksa,  masih ada (sapinya, Red). Begitu pukul 02.30, saya lihat kandang lagi, sudah kosong,” terangnya. Tentu saja raibnya sapi satu- satunya itu membuat Karjoto terkejut. Ia pun langsung mendatangi sejumlah tetangganya.  Salah satunya Yudi, 38, yang kemudian membantu Karjoto dengan melaporkan kehilangan hewan   ternak ini pada kepala desa dan  Polsek Lumbang.

Loading...

Bersama dengan itu, warga yang mendengar kabar tersebut lantas  berkumpul. Tak lama kemudian, empat anggota Polsek Lumbang juga mendatangi lokasi. Dari sana, proses pencarian dilakukan. “Kami mengerahkan anggota untuk mengawal penyisiran itu,” ujar Kapolsek Lumbang AKP Mulyono.

Sedikitnya, 70 warga turut dalam proses pencarian sapi tersebut. Penyisiran lokasi yang ditengarai menjadi jalur pelarian sapi, dilakukan ke arah timur dari tempat kejadian perkara (TKP). Itu, dilakukan dengan memperhatikan jejak-jejak yang tampak dari permukaan tanah.

Penyisiran itu dilakukan dari berbagai penjuru.  Tak hanya berjalan kaki, sejumlah warga juga ada yang melakukan pencarian dengan naik motor maupun mobil pikap untuk mempercepat pengejaran. Setelah menyusuri jalan sejauh 8 kilometer,  warga mendengar bunyi ledakan  keras.

Tak hanya sekali, total ada 5 ledakan yang terdengar warga.  Lokasi ledakan itu masuk di Desa Rebalas, Kecamatan Grati, yang merupakan perbatasan  antara dua kecamatan tersebut.  “Sekitar 8 kilometer, kami mendengar suara ledakan sebanyak  lima kali,” terang Arjoko, kepala   Desa Cukur Guling.

Tak pelak, warga pun berduyun-duyun mendekati sumber ledakan itu. Saat itulah, warga dikejutkan dengan keberadaan sapi betina milik Karjoto yang berada di hutan jati itu. Warga semakin terkejut, ketika menemukan jasad pria dengan kondisi wajah hancur.

Diduga, luka yang diderita   pria tersebut ada kaitannya dengan ledakan yang didengar warga.  Beberapa saat kemudian, anggota Polsek Grati berdatangan menuju lokasi. Polisi kemudian melakukan evakuasi terhadap  jasad pria yang belakangan diketahui bernama Dikin, 30, warga Desa Bulukandang, Kecamatan Lumbang, itu.

Mayat itu kemudian dibawa ke kamar mayat RSUD dr R Soedarsono untuk dilakukan  visum etrepertum. Diduga, Dikin adalah terduga pelaku pencurian hewan tersebut.  “Kami mendapat laporan orang  tewas di hutan. Setelah informasi berkembang, ternyata yang tewas  itu terduga pelaku curwan milik   warga di Lumbang,” tutur AKP Suyitno, kapolsek Grati.

Saat proses evakuasi, petugas juga menemukan sejumlah barang bukti (BB). Diantaranya sebuah ponsel, ketapel, sabuk jimat, dan bekas ledakan bondet. Selanjutnya, BB itu diamankan untuk kepentingan penyelidikan.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres  Pasuruan AKP Tinton Yudha Riambodo mengatakan, saat ini kasus tersebut tengah dalam  penanganan pihaknya. Tinton–sapaan akrabnya–mengungkapkan, saat ini pihaknya masih  melakukan pemeriksaan sejumlah saksi. Di antaranya ialah pemilik sapi dan beberapa warga.

“Dugaan sementara, terduga pelaku memang tewas karena ledakan bondet. Akan tetapi untuk kepastiannya, kami masih menunggu hasil visum,” ujar Tinton. “Kami masih melakukan pendalaman-pendalaman. Juga  adanya kemungkinan pelaku  lain,” imbuhnya. (radar)