Browse By

Razia PSK, Satu Idap HIV/AIDS

Petugas Dinkes Kabupaten Pasuruan saat melakukan pemeriksaan pada salah satu PSK.

BANGIL – Praktik prostitusi di wilayah Grati dan Nguling, diobrak-abrik Satpol PP Kabupaten Pasuruan. Hasilnya, delapan  wanita yang diduga PSK berhasil terjaring.  Ironisnya, satu di antaranya mengidap HIV/
AIDS. Hal itu terungkap setelah petugas dari  Dinkes Kabupaten Pasuruan melakukan pengecekan kesehatan.

Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan Yudha Tri Widya Sasongko mengutarakan, razia yang digelar Kamis (27/7) lalu itu,  bertujuan memberantas penyakit masyarakat. Sasarannya, tak  lain adalah PSK yang mangkal  di sejumlah titik yang ada di  wilayah Kabupaten Pasuruan.

Terutama wilayah timur Kabupaten Pasuruan, yakni Grati  dan Nguling. Petugas melancarkan operasi itu, secara bertahap. Tahap pertama  dilakukan sekitar pukul 15.00 di kawasan Pasar Baru Ngopak, Grati. Disusul kemudian giat operasi pada malam  harinya, di wilayah Nguling.

“Kami tidak hanya beroperasi sendiri. Untuk memperlancar kegiatan tersebut, kami melibatkan anggota polisi dan TNI,”  kata Yudha, kemarin. Mantan Kepala BPBD itu mengatakan. Kedelapan PSK itu ditemukan di Pasar Baru Ngopak sebanyak empat orang. Empat lainnya, di  Sedarum, Kecamatan Nguling.

Loading...

“Saat digerebek, mereka tengah menunggu pelanggannya. Mengetahui kami datang, mereka berusaha sembunyi dan lari,” jelas  Yudha. Para PSK yang diciduk itu, kemudian digelandang ke   Mako Pol PP di Raci. Mereka kemudian diperiksa. Tak hanya pemeriksaan identitas, tetapi juga pemeriksaan kesehatan. Di situlah, diketahui kalau satu di antaranya mengidap  penyakit.

“Satu positif HIV/AIDS dan itu termasuk temuan baru,” terangnya. Dikatakan Yudha, Satpol PP  akan berkoordinasi dengan in- stansi terkait untuk menangani  PSK yang mengidap HIV/AIDStersebut. Mereka juga akan di-serahkan ke PN Bangil untuk menjalani sidang tindak pidana  ringan (tipiring).

“Nantinya semua PSK yang diamankan, akan kami sidang tipiring di PN Bangil,” jelasnya. (radar)