Browse By

161 Pegawai Pemkab Probolinggo Dimutasi

Ratusan pegawai di lingkungan Pemkab Probolinggo mengikuti kegiatan pelantikan dalam mutasian di Pendapa Pemkab Probolinggo, kemarin.

PROBOLINGGO – Sejumlah 161 orang  pegawai di lingkungan Pemkab Probolinggo masuk dalam gerbong mutasi. Dari ratusan pegawai itu, sedikitnya ada 5 pejabat  eselon II yang ganti kursi. Selain pejabat eselon II, ratusan pegawai  itu merupakan pegawai eselon III, IV, serta  pegawai fungsional di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Ada juga seorang direktur PDAM Kabupaten Probolinggo. Kemarin, mereka dilantik Wakil Bupati A. Timbul  Prihanjoko di Pendapa Kabupaten  Probolinggo, sekitar pukul 09.00 WIB. Selain 5 pejabat eselon II, ada 11 orang  pejabat eselon III; 68 orang eselon IV; dan  seorang Direktur PDAM.

Loading...

Serta, puluhan pegawai fungsional. Terdiri atas 3 orang  auditor, 53 orang kepala sekolah, dan 20 pengawas sekolah.  Lima pejabat eselon II yang dimutasi   itu, di antaranya ada Tanto Walono. Pria yang semula menjabat kepala Badan  Keuangan Daerah (BKD) dimutasi menjadi  kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Posisinya digantikan oleh Santiyono, yang sebelumnya menjabat  Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro. Sedangkan, di antaranya pejabat eselon  III yang terkena gerbong mutasi ada Bambang   Julius Wijanarko yang didapuk sebagai kepala Bagian Humas, Protokol, dan Rumah Tangga menggantikan Wiwit Suryaningsih.

Wiwit digeser menjadi sekretaris Dinas  Perpustakaan dan Kearsipan. Posisi Bambang  sebelumnya diisi oleh mantan sekretaris Dinas Per hubungan Usman Ali.  Selain itu, Timbul juga melantik Gandhi  Hartoyo. Direktur Perusahaan Daerah  (Perusda) Rengganis itu dipercaya sebagai  Direktur Utama Perusahaan Daerah Air  Minum (PDAM) Kabupaten Probolinggo.

“Mutasi bagian dari dinamika berorganisasi dalam rangka peningkatan kapasitas  kelembagaan. Serta, merupakan pola  pembinaan karier aparatur sipil negara  yang diwujudkan dan merupakan bagian   dari penyegaran dan peningkatan kinerja,”  ujar Timbul, dalam sambutannya.

Menurutnya, adanya mutasi ini juga dalam rangka menjalankan visi dan misi  organisasi. Salah satunya, agar dapat  memberikan pelayanan yang lebih baik  dan berkualitas kepada masyarakat. “Harapannya, bagi pemangku jabatan  yang baru, agar dapat menerjemahkan apa yang diinginkan Bupati,” ujarnya.

Terpisah, Gandi mengatakan, akan ada  pelaksana tugas sebagai Direktur Perusda  Rengganis. Selain itu, pihaknya mengaku   tak menyangka akan menjadi Direktur PDAM. “Saya tidak menyangka ada di posisi ini. Jadi, untuk saat ini saya masih belum  memiliki rencana,” ujarnya. (radar)