Browse By

70 Hektare Lahan Terbakar

Petugas UPT Tahura R. Soerja saat memadamkan api yang membakar lahan.

PRIGEN – Kemunculan titik api di Gunung Welirang langsung direspons petugas dari UPT Tahura R. Soerjo. Setelah melakukan pemetaan dan mendatangi lokasi titik api, diketahui jika titik api tersebut telah membakar sedikitnya 70 hektare lahan.

Petugas pun  langsung melakukan pemadaman secara manual.  Puluhan hektare yang terbakar  itu berada di wilayah Kop Kopan, Pondokan, hingga Gunung Kembar I dan II, yang masuk Kelurahan Pecalukan, Kecamatan  Prigen, Kabupaten Pasuruan.

“Hasil inventarisasi petugas kami di lapangan, ada sekitar 70 hektare lahan yang terbakar akibat kebakaran ini. Semuanya masuk wilayah Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan,” terang Iwan Harwiyanto, koordinator  lapangan UPT Tahura R. Soerjo   wilayah Kabupaten Pasuruan.

Puluhan hektare lahan yang terbakar itu, merupakan tanaman ilalang, semak belukar, sampai cemara gunung. Kebakaran sendiri berlangsung sejak Senin  (24/7) lalu. Kala itu, api masih  kecil. Hingga kemudian api terus menyebar ke titik lainnya.

Loading...

Sementara petugas baru mengetahui adanya titik api itu pada Selasa (25/7). Karenanya, Rabu (27/7) lalu, petugas menyisir lokasi yang  diduga terdapat titik api. “Awal  kejadian tidak ada yang tahu.  Titik apinya kecil dan tidak terlihat dari kejauhan. Keesokannya, baru terlihat. Baru melakukan upaya pemadaman secara manual di lapangan,” bebernya.

Disinggung penyebabnya kebakaran ini, Iwan–sapaan akrabnya–menyebut, murni karena  perburuan liar. Selama ini, pemburu yang ingin mendapatkan target buruannya, lebih dulu  membakar ilalang atau semak  belukar.

“Hasil evaluasi serta lidik kami di lapangan, warga maupun pendaki sempat mendengar dua kali suara letusan senapan. Yakni, pada Senin (24/7) siang.  Berarti ada perburuan liar,” tukasnya. (radar)