Browse By

Titik Api Muncul di Gunung Welirang, Jalur Pendakian Ditutup Sementara

Kondisi Gunung Welirang yang dipotret siang kemarin. Selasa (25-7) malam, terlihat titik api di gunung tersebut.

PRIGEN – Sejumlah titik api  terdeteksi di Gunung Welirang,  yang masuk wilayah UPT Tahura R. Soerdjo. Di antaranya, di bawah  jalur pendakian Pondokan, serta di Gunung Kembar I dan II, Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

“Titik kebakaran mulai muncul. Tapi, sifatnya lokal dan kecil.  Kami mengetahui jika ada ke-ba karan itu sejak Selasa (25/7) malam, melalui pos pantau izin pendakian di bawah. Titik api   terlihat dari kantor UPT di Pandaan,” terang Iwan, koordinator lapangan UPT Tahura R. Soerjo seksi Malang wilayah Kabupaten Pasuruan.

Karena sifatnya lokal dan tersebar di sejumlah titik, tak berselang lama, titik api itu pun padam. “Titik api yang ada, membakar cemara, ilalang, dan semak belukar saja. Berapa luasnya dan karena apa penyebabnya, saat ini dalam proses inventarisasi  dan pemetaan di lapangan,”   bebernya.

Agar kasus serupa tak terjadi kembali, pihaknya mengintensifkan patroli lapangan. Mengingat  musim kemarau saat ini rawan kebakaran hutan. Pihak Tahura  juga memperketat pengawasannya. Khususnya terhadap perburuan liar. “Mudah-mudahan tidak  terulang kembali,” jelasnya.

Loading...

Bersamaan dengan munculnya titik api, jalur pendakian untuk  umum sementara ditutup. Baik bagi warga maupun para pendaki. Hal ini disampaikan langsung Kepala Seksi UPT Tahura R. Soerdjo wilayah Kabupaten Pasuruan Murbandanto.

“Per Rabu (26/7) pagi, jalur pendakian ke Gunung Welirang dan Arjuno ditutup sementara. Jalur pendakian kami buka ketika  situasi aman,” jelasnya. Penutupan sementara ini sengaja dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku. Penutupan sementara juga  dimaksudkan untuk mencegah adanya titik api dan untuk   keamanan pendaki.

“Pos izin pendakian tetap buka  dan beroperasi, namun tidak untuk pelayanan. Kami imbau  pendaki tidak naik ke puncak,”  katanya. Pihak Tahura juga mengeluarkan informasi tertulis melalui selebaran yang disebarkan pada pendaki. (radar)